KONI Sumbar Siapkan Regulasi Khusus Atlet PON

Latihan bersama di GOR H Agus Sim
Latihan bersama di GOR H Agus Sim (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat siapkan regulasi khusus untuk atlet yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

"Kita akan buat regulasi degradasi bagi atlet yang lolos PON. Nanti tim teknis akan membuat dan menyiapkan itu, apa parameter atlet menuju PON, apa saja regulasi atlet yang lolos PON sudah dibuat regulasinya. Sebagi atlet yang dia sudah lolos PON, tapi bukan semata-mata yang lolos ke PON ini berangkat PON, tidak. Ada regulasi, salah satunya, ada tiga kategori, yakni fisik, bagaimana parameter fisik seorang atlet, kedua kemampuan teknik, angkatan, terakhir try out," jelasnya.

baca juga: DPR Harap KONI Konsisten Bantu Pembinaan Atlet Nasional

Ia mengatakan jika tidak lolos dalam regulasi itu, buat apa KONI mengirimnya. "Jika tidak lolos, maka buat apa kita kirim ke PON, tidak ada prestasi di situ, ngapain? Otomatis degradasi," paparnya.

Alle juga menuturkan bahwa hal ini sudah dikomunikasikan juga kepada pelatih. "Ini sudah disampaikan, ke pelatih juga sudah disampaikan. Kita siapkan kerangka-kerangka yang berhubungan dengan dan akan diberitahukan kepada pengprov, dan ini sudah disetujui oleh pimpinan KONI ," terangnya.

baca juga: Sempat Berpolemik, Pengurus KONI Kabupaten Solok Periode 2020-2024 Akhirnya Dilantik

Diakui Alle, dengan adanya regulasi itu, otomatis ada konsekuensi pengurangan medali yang diraih oleh atlet nantinya. "Otomatis ada pengurangan dan ada konsekuensi dari hal ini," katanya.

Seperti diketahui, KONI Sumbar kembali melakukan latihan bersama bagi atlet yang lolos PON Papua 2021, setelah sempat dihentikan sementara karena COVID-19. Dalam latihan itu, KONI masih melihat ada beberapa pelatih yang masih belum hadir ke lokasi untuk mendampingi atletnya latihan. (*)

baca juga: Pemprov Sumbar Komit Anggarkan Dana untuk Olahraga

Editor: Fitria Marlina