Selundupkan Puluhan Paket Ganja Kering, Warga Sumatera Selatan Diringkus Polisi di Pasaman

Pelaku bersama barang bukti 52 paket besar ganja kering di Mako Polres Pasaman
Pelaku bersama barang bukti 52 paket besar ganja kering di Mako Polres Pasaman (Istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Satresnarkoba Polres Pasaman , Sumatera Barat menangkap seorang pelaku terkait penyalahgunaan narkotika jenis ganja . Dari penangkapan itu polisi menyita 52 paket besar ganja kering.

"Kita berhasil meringkus pelaku terduga penyalahgunaan narkotika jenis ganja . Tersangka yang berinisial TB (51) ini merupakan warga Kota Palembang, Propinsi Sumatera Selatan," sebut Kapolres Pasaman , AKBP Hendri Yahya, Rabu (1/7/2020).

baca juga: Ketua Gerindra Pasaman Sebut Masyarakat Pasaman Dukung Nasrul Abit di Pilgub Sumbar

Ia mengatakan, tersangka diringkus di samping salah satu rumah makan di Jorong Biduak, Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol sekitar pukul 04. 30 WIB, Selasa (30/6/2020) kemarin.

Lanjutnya memaparkan, barang bukti yang diamankan berupa 52 paket besar ganja kering, dengan masing-masing terdiri dari 40 paket besar dibalut dengan dengan lakban warna coklat dan 12 paket besar yang dibungkus dengan kantong plastik warna putih.

baca juga: Nadiem Mengaku Jadi Menteri Membuat Frustasi

Selain paket ganja tersebut, turut diamankan satu unit mobil merek toyota Avanza warna Putih dengan menggunakan nomor polisi sebanyak dua buah," paparnya.

Sementara Kasatres Narkoba Polres Pasaman , Iptu Syafri Munir mengatakan penangkapan itu berawal setelah pihak nya mendapat informasi, bahwa akan ada yang membawa narkotika jenis ganja kering di Kabupaten Pasaman .

baca juga: Fadli Zon Nilai Perlu Terobosan Selesaikan Konflik Palestina -- Israel

"Kita langsung bergerak melakukan penyelidikan dan penyisiran sepanjang jalan di Kecamatan Rao. Saat melakukan pengintaian melintas satu unit mobil merek Toyota Avanza warna putih.

"Karena merasa curiga dengan gerak gerik pengemudi, maka langsung dilakukan pengejaran terhadap mobil tersebut," kata Iptu Syafri Munir.

baca juga: WHO: Masih Ada Harapan untuk Mengendalikan Wabah COVID-19

Lebih lanjut dijelaskannya, saat dilakukan penyetopan di depan mako Polsek Rao, anggota Sat resnarkoba menyuruh pengemudi untuk berhenti. Namun mobil tidak mau berhenti dan berusaha kabur dari kejaran petugas.

Kemudian dilakukan kembali penyetopan di sawah panjang Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman . Namun mobil tersebut juga tetap tidak mau berhenti, sehingga dilakukan kembali pengejaran.

Namun sewaktu sampai di rumah makan roda baru Kecamatan Bonjol (TKP), mobil tersebut berputar arah lagi ke arah Lubuk Sikaping dan di daerah Ujung Rajo, Kecamatan Bonjol.

"Akhirnya mobil tersebut berhasil ditemukan serta mengamankan satu orang tersangka TB (51). Akan tetapi ada tersangka lainnya langsung melarikan diri dari kejaran aparat (DPO)," ujarnya.

Saat ini tersangka pengedar ini beserta barang bukti telah diamankan di Mako Polres Pasaman guna proses penyidikan lebih lanjut. Tersangka juga terancam melanggar pasal 114 jo 112 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri