Singgung Pilkada, Jokowi: Polri Harus Terus Mereformasi Diri Secara Total

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Polri untuk tidak melupakan berbagai agenda strategis Polri di tengah pandemi Covid-19.

Jokowi berpesan agar Korps Bhayangkara itu terus mereformasi diri secara total dan berupaya memperbaiki diri.

baca juga: Pembubaran Deklarasi KAMI, Mahfud MD: Karena Pandemi Covid-19

"Walaupun saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi covid-19 tapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan. Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern, ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan," ujar Jokowi dalam amanat Peringatan Hari Bhayangkara ke 74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan bahwa tantangan Polri semakin berat dan kompleks.

baca juga: Coret Musala dan Robek Alquran, Hari Ini Satrio Diperiksa Psikolog

Tantangan tersebut kata Jokowi diantaranya adanya kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara hingga kejahatan terhadap kekayaan negara.

"Bahwa polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan semakin kompleks, mulai dari kejahatan konvensional kejahatan lintas negara kejahatan berimplikasi kontijensi sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara," ucap dia.

baca juga: Komisi IX DPR Soroti Komunikasi Publik Menteri Kesehatan

Tak hanya itu, Kepala Negara itu juga menyebut potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga harus di waspadai terutama pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2020.

Ia mengatakan meski tak mudah, ia meyakini Polri dan TNI, penyelanggara Pemilu dan Pengawas mampu menjalankan tugas dengan baik.

baca juga: DPR Sahkan RUU Bea Meterai, Tarif Jadi Rp10.000

"Potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga perlu terus diwaspadai terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di akhir tahun 2020 di bulan Desember. Selain tugas yang sama pernah dilakukan di Pilkada serentak 2017 dan 2019, kali ini (2020) juga harus menjaga protokol kesehatan. Saya tahu tugas ini tidaklah mudah namun saya yakin Polri TNI serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik," katanya.

Editor: Eko Fajri