Seminggu Dirawat, Pedagang di Solsel Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Solsel Novirman
Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Solsel Novirman (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Solok Selatan ( Solsel ) Novirman mengatakan FZ (33) berjenis kelamin laki-laki seorang pedagang di Pauh Duo telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Novirman menjelaskan sebelumnya Fz ikut pada pengambilan sampel pool test swab secara massal pada 20 Juni silam. Kemudian keluar hasil swabnya dan dinyatakan positif pada 24 Juni lansung menjalani isolasi.

baca juga: Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

"Sesuai SOP, tujuh hari sesudah pengambilan sampel kembali dilakukan pengambilan sampel, setelah diuji hasilnya dinyatakan negatif," jelas Novirman.

Kemudian imbuhnya,fz diambil kembali sampel Swabnya pada 29 Juni, dan hasilnya juga kembali dinyatakan negatif.

baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Karantina dan Isolasi

Dia melanjutkan setelah hasil uji swabnya dinyatakan negatif 2 kali berturut-turut maka fz dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Syukur Alhamdulillah, hari ini ada penambahan 1 orang lagi yang dinyatakan sembuh, kesembuhan Fz , ini tergolong cepat, dan membuat kita makin yakin COVID-19 bisa disembuhkan" jelasnya.

baca juga: Ini Pesan Jokowi di Kongres Gerindra

Kepastian sembuh ini imbuhnya, didapatkan melalui hasil uji swab yang dikeluarkan RSUD Mohammad Natsir Solok yang dikirimkan hari ini.

"RSUD M.Natsir Solok semenjak 22 Mei 2020 yang lalu secara resmi telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI serta Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar sebagai salah satu RSUD rujukan untuk pemeriksaan COVID-19 dengan menggunakan alat TCM," katanya

baca juga: Ada Penambahan 27 Positif COVID-19 di Sumbar per 8 Agustus

Dia melanjutkan sesuai protokol kesehatan COVID-19, yang bersangkutan tetap diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari kedepan.

Kesembuhan FZ menambah daftar pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh menjadi enam orang, dari sembilan orang yang dinyatakan positif.

"Jangan lupa tetap patuhi protokol keselamatan Covid-19 untuk memutuskan mata rantai penyebarannya, dan berikan dukungan dan doa untuk tiga orang lagi pasien positif Solsel yang masih menjalani isolasi," harapnya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Rezka Delpiera