Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu Bukittinggi Masuk Nominasi API 2020

Janjang Saribu
Janjang Saribu (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF --Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 merilis daftar sebanyak 18 kategori yang masuk dalam nominasi terfavorit untuk meraih penghargaan.

Kabar baiknya, ada nominasi yang berasal dari Bukittinggi , yakni Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu . Ampiang Dadiah masuk kategori Minuman Tradisional Populer. Sedangkan Janjang Saribu termasuk dalam nominasi Destinasi Unik.

baca juga: Wali Kota: Bukittinggi Zona Merah COVID-19

Ampiang Dadiah terbuat dari campuran ketan dan dadiah ( yoghurt) yang terbuat dari susu kerbau, dan sudah difermentasikan lewat tabung bambu. Biasanya, Ampiang Dadiah dikonsumsi dengan es segar, dengan citarasa asam dan manis.

Cara mengkonsumsinya, sendokan dadiah ditumpuk di atas tumpukan ketan yang ditambah dengan serutan es batu. Terakhir, disiram dengan gula aren dan ditaburi kelapa. Salah satu lokasi atau tempat menjual Ampiang Dadiah adalah di kawasan Pasa Ateh.

baca juga: Pemerintah Sebut Akan Gunakan Teknologi Anyar untuk Perkuat Ketahanan Pangan

Sementara Janjang Saribu , merupakan destinasi yang terdapat di Bukik Apik Puhun, masih di kawasan Ngarai Sianok. Destinasi ini cukup unik, karena terdiri dari deretan anak tangga yang menuruni tebing bukit. Konon anak tangga mencapai 1.000, sehingga disebut Janjang Saribu .

"Ada 7 yang kirim untuk masuk nominasi, namun yang masuk cuma 2 yakni Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu ," sebut Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Suzi Yanti, Kamis 2 Juli 2020.

baca juga: Hotel Indria Bukittinggi Terbakar

Suzi mengatakan, selanjutnya akan dilakukan pemungutan suara untuk menentukan pemenang dari tiap kategori.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF , untuk pemungutan suara akan dilakukan mulai 1 Agustus hingga 31 Desember 2020. Sementara promosi dan soalisasi dilakukan Juli sampai Desember. Selanjutnya pemenang akan diumumkan pada Februari 2021.

baca juga: Menteri Luhut Sebut Larangan Mudik Lebaran Sukses Tekan Penularan Covid-19

Bukittinggi cukup berpengalaman di ajang ini. Pada 2018 silam, Bukittinggi mengirim Aia Aka dan masuk nominasi Minuman Tradisional Populer, dan akhirnya menang. Diharapkan dua kategori ini juga jadi pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2020.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri