Sekolah di Payakumbuh Akan Kembali Dibuka Mulai 13 Juli, Ini Penjelasan Disdik

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sekolah-sekolah di Kota Payakumbuh rencananya akan dibuka kembali mulai 13 Juli, namun khusus untuk pelajar dari kelas rendah, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, dan Sekolah Dasar (SD) dari kelas 1 sampai 3 akan dikecualikan dan belum akan kembali masuk sekolah sampai dengan September.

"Untuk kelas rendah belum kita perkenankan anak-anak masuk sekolah. Sementara untuk di atasnya, mulai dari kelas 4 hingga 6 SD dan SMP akan dibolehkan masuk 13 Juli 2020 mendatang," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Payakumbuh A.H. Agustion, Kamis (2/7).

baca juga: Terganggu Pandemi COVID-19, Sejumlah Program Kejari Payakumbuh Harus Disesuaikan

Sebelum rencana tersebut direalisasikan, Agustion memastikan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu melakukan pendataan jumlah anak, pemetaan, serta memastikan kebersihan sekolah untuk persiapan menghadapi proses belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19.

"Protokolnya sudah diatur oleh Kemendikbud, kita juga tunggu hasil rapat video conference antara gubernur bersama kepala daerah. Kita menunggu SK yang dikeluarkan Wali Kota Riza Falepi terkait aturan di masa new normal ini dan masing-masing OPD akan menindaklanjutinya, termasuk disdik," ujarnya.

baca juga: Kurban Rendang Perdana Dinilai Sukses, Wako Payakumbuh Targetkan Lebih Banyak Sapi Tahun Depan

Diakui Agustion, karena proses pendidikan melibatkan mobilisasi massa yang besar, maka dikhawatirkan penyebaran dan penularan COVID-19 dapat terjadi di sarana pendidikan tersebut. Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan skenario pembelajaran yang diatur sedemikian rupa agar anak-anak didik tidak menumpuk belajar di sekolah.

"Aturannya dibatasi jumlah anak di kelas, termasuk jam masuk kelas dengan menghindari penumpukan anak dalam aktivitas belajar di sekolah. Jadi seorang anak bisa masuk sekolah satu hari dan libur satu hari, belajarnya di sekolah dan ditambah belajar online di rumah," ujarnya.

baca juga: Ada yang Protes Terkait Diperpanjangnya Masa Belajar Siswa di Rumah, Ini Jawaban Wako Payakumbuh

Agustion juga berpesan kepada sekolah agar tetap melaksanakan protokol kesehatan saat proses belajar mengajar di dalam kelas kembali dimulai nantinya. Sekolah sebelum dibuka harus disemprot disinfektan terlebih dahulu dan dilaksanakan gotong rotong membersihkan lingkungan sekolah. (*)

Editor: Taufik Hidayat