Sampai di Aceh, Armada Kemanusiaan ACT Siap Layani Pengungsi Rohingya

Tim ACT tiba di Lhokseumawe
Tim ACT tiba di Lhokseumawe (Ist)

KLIKPOSITIF - Empat hari menempuh perjalanan darat, akhirnya armada kemanusiaan ACT tiba di Lhokseumawe pada Rabu (1/7) sore. Kendaraan itu ACT kirim untuk memberikan pelayanan kemanusiaan terbaik bagi pengungsi Rohingya dan masyarakat prasejahtera Aceh._

Setelah menempuh perjalanan empat hari dari Wakaf Distribution Center di Gunung Sindur, Bogor, sejumlah armada kemanusiaan ACT tiba di Lhokseumawe, Rabu (1/7). Humanity Food Truck serta Humanity Water Truck itu berangkat juga bersama tim medis yang menggunakan Ambulans Pre-Hospital serta kendaraan dobel kabin sebagai pengiring.

baca juga: Suka Cita Para Mualaf di Kota Padang Dapat Daging Kurban dari Global Qurban-ACT Sumbar

Koordinator Aksi Tanggap Darurat ACT untuk Rohingya Yadi Frans Risyadi mengatakan, perjalanan darat yang ditempuh empat armada terbaik dari ACT ini kini telah tiba di Lhokseumawe dan akan memberikan pelayanan kemanusiaan. Tepatnya pukul 15.30 WIB, armada-armada tersebut langsung diarahkan ke lapangan parkir Masjid Islamic Center Lhokseumawe.

"Untuk sekarang, karena baru tiba, semua armada kami arahkan ke Masjid Islamic Center sekaligus beristirahat. Rencananya malam atau besok pagi armada akan dipindah ke lokasi yang tak jauh dari tempat penampungan pengungsi Rohingya," jelas Yadi, Rabu (1/7).

baca juga: ACT Sumbar Bersama Maybank Syariah Salurkan 97 Kantong Daging Qurban di Padang Sago

Di waktu yang sama namun lokasi berbeda, tim Masyarakat Relawan Indonesia Lhokseumawe sedang menyiapkan lokasi yang akan dijadikan tempat parkir armada kemanusiaan ACT. Bertempat di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe, nantinya kendaraan yang ACT bawa dari Bogor ini bakal memberikan pelayanan kemanusiaan.

Kehadiran armada kemanusiaan ACT di Lhokseumawe merupakan respons atas kebutuhan pangan yang paling penting bagi pengungsi Rohingya. Pasalnya, mereka tiba di Aceh tanpa perbekalan. Bahkan kapal yang mengangkut 94 pengungsi itu tak layak dan nyaris tenggelam. Kini, mereka masih bertahan di Lhokseumawe dan ACT terus melakukan pendampingan.

baca juga: Kantor Pusatnya Ditutup Sementara, ACT Jamin Layanan Kemanusiaan dan Kurban Tetap Optimal

Armada Humanity Food Truck nantinya bakal menyediakan sekitar 200 porsi makanan siap santap setiap harinya bagi pengungsi serta relawan yang bertugas. Makanan siap santap pun bukan hanya dituju untuk warga Rohingya dan relawan saja, tapi juga penduduk Lhokseumawe dan Aceh pada umumnya. "Makanan terbaik dari Humanity Food Truck akan kami hidangkan bagi pengungsi, relawan serta masyarakat Aceh," jelas Wagiman, Koki Humanity Food Truck, Rabu (1/7).

Di Lhokseumawe, selain Humanity Food Truck, ada juga Humanity Water Truck yang akan menyediakan air bersih bagi pengungsi Rohingya. Sementara itu, Ambulans Pre-Hospital akan membantu tim medis ACT dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pengungsi serta masyarakat Aceh.

baca juga: Presiden ACT: Qurban Jadi Pelipur Rindu Baitullah yang Tertunda

Editor: Khadijah