Pendistrian Jalan di Payakumbuh Tidak Hanya untuk Perwajahan Kota

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim.
Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pelebaran dan pendistrian jalan yang dalam waktu dekat ini akan dilakukan untuk sejumlah jalan-jalan utama di Kota Payakumbuh bakal dilengkapi taman, tempat duduk, ruang terbuka, dan beberapa titik sebagai tempat kuliner.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh Muslim menjelaskan, pembangunan nanti tidak hanya diperuntukkan untuk perwajahan kota, tapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat.

baca juga: Terganggu Pandemi COVID-19, Sejumlah Program Kejari Payakumbuh Harus Disesuaikan

"Sehingga pembangunan ini menjadi salah satu tempat baru yang akan banyak dikunjungi masyarakat untuk aktifitas santai," ujarnya.

Tidak hanya pelebaran jalan dan pembangunan pedestrian, pada saat yang bersamaan juga dilakukan perbaikan drainase dan instalasi kabel listrik di bawah tanah.

baca juga: Kurban Rendang Perdana Dinilai Sukses, Wako Payakumbuh Targetkan Lebih Banyak Sapi Tahun Depan

"Untuk instalasi kabel listrik di bawah tanah ini agar wajah kota lebih bagus dan tidak terganggu dengan banyaknya kabel yang bergelantungan. Sekarang dimulai dari pusat kota dulu," sebut Muslim.

Diantara jalan utama di Kota Payakumbuh yang akan dilakukan pelebaran adalah Jalan Sudirman dan Jalan Soekarno-Hatta.

baca juga: Ada yang Protes Terkait Diperpanjangnya Masa Belajar Siswa di Rumah, Ini Jawaban Wako Payakumbuh

"Pemenang tender sedang melaksanakan rekaya teknis pembangunan yang ditargetkan selesai dalam pekan ini," terangnya.

Dikatakan Muslim, pengerjaannya ditargetkan selesai menjelang akhir tahun. Untuk ruas jalan yang akan dilebarkan kurang lebih seluas 3,5 meter dengan anggaran sebesar Rp2,6 Miliar. Pengerjaan di tahun ini merupakan tahap pertama dan akan dilanjutkan pada 2021.

baca juga: KPN Husada Syariah RSUD Adnaan WD Wakili Payakumbuh untuk Lomba Koperasi Tingkat Sumbar

"Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap, yang tahun ini palingan baru selesai 35 persen dari rencana yang telah dibuat," kata dia. (*)

Editor: Taufik Hidayat