Polisi Pasbar Blender 64,61 Gram Sabu

Prosesi pemusnahan barang bukti sabu dihalaman Mako Polres Pasaman Barat
Prosesi pemusnahan barang bukti sabu dihalaman Mako Polres Pasaman Barat (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Polisi Resor Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumbar , memusnahkan barang bukti narkotika hasil penangkapan dari seorang tersangka. Sebanyak 64,61 gram sabu dimusnahkan dengan cara diblender pada Jumat (3/7/2020).

"Kita memusnahkan barang bukti hasil tangkapan dari pelaku yang bekerja sehari-hari sebagai supir truk sawit di Ujung Gading yang berinisial RR," sebut Kepala kepala kepolisian resor Pasaman Barat, AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kasubag Humas AKP Defrizal.

baca juga: Hotel Indria Bukittinggi Terbakar

Dalam acara pemusnahan ini, dipimpin oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi dan dihadiri oleh Waka Polres Kompol Abdus Syukur Felani, Kasat Resnarkoba Iptu Eiryanto, Jaksa Penuntut Umum dari Kajari Pasbar , BNN Pasbar , Penasehat hukum tersangka dan juga disaksikan oleh tersangka.

Ia mengatakan, barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 64, 61 gram itu, dimusnahkan dengan cara dihaluskan dengan blender, selanjutnya dibuang keselokan atau drainase," katanya.

baca juga: Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 42

Defrizal menjelaskan pihaknya menyita barang bukti di rumah tersangka RR di Jalan Flores, Jorong Kuamang, Nagari Ujung Gading pada Sabtu 20 Juni 2009 lalu sekitar pukul 06.45 WIB. Dari hasil penggeledahan itu, polisi menemukan 15 paket sedang sabu dalam kotak jam.

Dalam penangkapan yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Pasbar , Iptu Eri Yanto itu, pelaku diamankan di dalam kamarnya dan pelaku tidak melakukan perlawanan. "Dia diduga sebagai pengedar dan sudah lama membuat resah masyarakat. Hal ini dilihat dari laporan masyarakat yang diterima dan kemudian kita tindaklanjuti," jelas Defrizal.

baca juga: Truk Pengangkut Batu Bara Tabrak Rumah di Padang

Pelaku mengakui barang haram itu milik temannya di Bukittinggi berinisial TM dan sedang dalam penyelidikan oleh Opsnal Polresta Bukittinggi.

"Pelaku ini mengaku menjemput langsung ke Bukittinggi dari inisial TM dan mendapat imbalan senilai Rp5 juta setelah mengedarkan di Nagari Ujung Gading," ujarnya.

baca juga: Fakta Terbaru, Tersangka Kasus Pelecehan Bayi di Pariaman Pernah Alami Kekerasan Seksual

Atas perbuatanya, tersangka kini diamankan di Mapolres Pasaman Barat. Adapun barang bukti yakni selain sabu yang telah dikemas sebanyak 15 paket sedang, berikut satu paket kecil yang dimasukkan dalam kotak rokok. Selain itu diamankan barang bukti, satu unit sepeda motor Yamaha NMAX bernopol BK 3390 HAM beserta STNK, satu buah kaca pirek dan satu unit handphone.

Sedangkan pasal yang disangkakan adalah pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 115 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) undang - undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp20 miliar.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani