Belajar dari Korsel, KPU Pessel Optimis Target Partisipasi Pemilih Tercapai

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat optimis target partipasi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 tercapai.

Ketua KPU Pessel , Epaldi Bahar menyebut, optimistis itu sesuai dengan analisa indikator yang telah dilalui KPU. Apalagi saat ini, belum ada satupun kendala yang terindikasi akan menjadi penghalang.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

"Karena Korea Selatan membuktikan, dimasa pandemi ini bisa meningkatkan partisipasi. Tentu kita juga harus bisa melakukannya," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Jumat 3 Juli 2020.

Diketahui, sesuai terget yang ditetapkan KPU RI, target partisipasi Pilkada 2020 sebesar 77,5 persen. Target itu tercatat lebih tinggi dari periode 5 tahun sebelumnya yang hanya 75 persen, dan capaian untuk Pessel hanya 65 persen.

baca juga: Terkait Pembangunan RSUD, Bupati Pessel: Kalau Saya Lanjutkan, Saya akan Menjadi Tersangka

Ia menjelaskan, apalagi saat ini masyarakat sudah semakin memahami tentang penggunaan hak pilih. Seperti, Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, tingkat partisipasi bisa mencapai di atas 70 persen.

Selain tingkat kesadaran masyarakat yang mulai baik, optimisme itu juga didorong dengan gencarnya sosialisasi.

baca juga: Melirik Bisnis Kuliner Randang Ega di Pessel

Selain itu, melalui pembekalan dan bimbingan teknis (Bimtek) yang diberikan pada segenap panitia ad-hoc, baik Panitia Pemungutan Suara (PPS), maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Dan sampai saat ini, tidak ada satupun dari anggota PPK dan sekretariat, serta PPS yang mundur. Mereka optimis bisa melalui tatangan ini, mungkin di daerah lain sudah ada yang mundur," terangnya.

baca juga: Yulfadri Nurdin Siap Tantang Epyardi Asda di Pilkada Solok

Diketahui, sejak diumumkan 15 Juni 2020 lalu, hingga kini setiap tahap sudah kembali berjalan. Bahkan, kini KPU di daerah sedang melakukan proses verifikasi faktual bagi pasangan calon perseorangan, gubernur dan wakil gubernur.

Seperti diketahui, pelaksanaan Pilkada serentak bakal digelar pada 9 Desember 2020. Selain Pessel , Pilkada kali ini diikuti 12 kabupaten dan kota ditambah satu provinsi. Adapun 12 kabupaten dan kota itu antara lain Kabupaten Sijunjung, Pasaman.

Kabupaten Padang Pariaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok. Kemudian Kabupaten Solok Selatan, Lima Puluh Kota, Agam, Dharmasraya dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain itu, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman dan Kota Sawahlunto.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera