Anggota Bamus Nagari Kapa Dilantik, Bupati Pasbar Ajak Semua Unsur Bangun Nagari

Anggota Bamus Nagari Periode 2020-2026 poto bersama dengan Bupati Pasaman Barat, OPD, Forkopimca, Pucuk Adat Nagari Kapa, Walinagari Kapa
Anggota Bamus Nagari Periode 2020-2026 poto bersama dengan Bupati Pasaman Barat, OPD, Forkopimca, Pucuk Adat Nagari Kapa, Walinagari Kapa (Ist)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Pelantikan anggota Bamus Nagari Kapa , Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat periode 2020-2026 berlangsung sukses. Ada 9 anggota Bamus Nagari Kapa yang dilantik, pada Jumat (3/7/2020).

Pelantikan itu berlangsung di Balai Desa Jorong Padang Lawas. Masyarakat memenuhi Balai Desa itu, untuk melihat prosesi pelantikan wakil rakyat nagari oleh Bupati Pasaman Barat , Yulianto.

baca juga: Hasil Tracing Pasien Positif Corona di Pasbar, 58 Warga Sungai Aur Test Swab

Para anggota Bamus Nagari Kapa yang dilantik itu, diambil sumpah jabatan janji anggota dan menandatangani sumpah integritas dengan masa jabatan selama enam tahun.

Prosesi saat berlangsungnya pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Bamus Nagari Kapa periode 2020-2026 oleh Bupati Pasaman Barat, Yulianto.
Prosesi saat berlangsungnya pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Bamus Nagari Kapa periode 2020-2026 oleh Bupati Pasaman Barat, Yulianto.

Mereka yang dilantik berasal dari enam kejorongan yang ada di Nagari Kapa diantaranya, untuk keterwakilan wilayah Jorong Kapa Selatan diwakili oleh Darwizar dan Boy Martin.

baca juga: Perpustakaan Nagari Sasak Masuk Nominasi Lomba Tingkat Nasional

Kemudian untuk keterwakilan wilayah Jorong Malasiro diwakili oleh Ridwan dan Sapriadi. Selanjutnya keterwakilan wilayah Jorong Kapa Timur diwakili oleh Akhirman, keterwakilan wilayah Jorong Padang Lawas diwakili oleh Hendro.

Para anggota Bamus Nagari Kapa Periode 2020-2026
Para anggota Bamus Nagari Kapa Periode 2020-2026

Sedangkan keterwakilan wilayah Jorong Lubuak Pudiang diwakili oleh Afrianto Dt Bunsu, keterwakilan wilayah Jorong Kapa Timur diwakili oleh Hendri Saputra. Sementara untuk keterwakilan perempuan diwakili oleh Watmawati.

baca juga: Audy Joinady Hadiri Tradisi Buka Ikan Larangan di Lubuk Godang Pasaman Barat

Bupati Pasaman Barat , Yulianto mengatakan, bamus mempunyai fungsi menetapkan peraturan nagari bersama wali nagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Perangkat Nagari Kapa, Jorong se Nagari Kapa poto bersama dengan Bupati Pasaman Barat Yulianto, OPD, Forkopimca
Perangkat Nagari Kapa, Jorong se Nagari Kapa poto bersama dengan Bupati Pasaman Barat Yulianto, OPD, Forkopimca

Untuk itu, bamus merupakan dewannya di tingkat nagari yang akan berjuang untuk pembangunan nagari bersama masyarakat lainnya," katanya.

baca juga: Pasien Positif Corona Bertambah Dua Kasus di Pasaman Barat

"Saya meminta kepada anggota bamus yang baru ini, untuk mengajak semua unsur yang ada dan terlibat dalam membangun Nagari Kapa kedepannya," pinta Yulianto.

Bupati Pasaman Barat Yulianto dan Pj Walinagari Kapa, Edi Hartono
Bupati Pasaman Barat Yulianto dan Pj Walinagari Kapa, Edi Hartono

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Bamus Nagari Kapa periode 2014-2016 atas pengabdian dan dedikasi mereka selama ini, karena telah bekerja untuk kemajuan dan pembangunan di Nagari Kapa .

Disamping itu, bupati juga mengajak semua masyarakat untuk menghargai hasil pemilihan Bamus. Karena pemilihan yang berlangsung adalah pemilihan sistem badunsanak.

Pj Walinagari Kapa Edi Hartono saat memberikan cindera mata kepada Ketua Bamus periode 2014-2020, Samsiwan Rangkayo Mudo beserta anggota
Pj Walinagari Kapa Edi Hartono saat memberikan cindera mata kepada Ketua Bamus periode 2014-2020, Samsiwan Rangkayo Mudo beserta anggota

Ia melanjutkan, meski di tengah wabah virus corona pemerintah tetap berjalan, begitu juga dengan pemilihan Bamus yang sudah berjalan dengan baik. Sehingga terpilih sebanyak 9 anggota Bamus yang akan melaksanakan tugas enam tahun ke depan.

"Jalan kan tugas dan fungsi saudara yang terpilih ini dengan baik, saling koordinasi antar unsur di tengah masyarakat, niniak mamak, cadiak pandai, tokoh masyarakat, pemuda dan perempuan," harap Yulianto.

Selain itu, Bupati Pasbar Yulianto juga mengajak masyarakat untuk tetap memperhatikan kebersihan lingkungan, apalagi virus corona masih berlangsung, dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah," ajaknya.

Sementara itu, Pj Walinagari Kapa Edi Hartono mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak di Nagari Kapa yang telah ikut mensukseskan pesta demokrasi badunsanak itu.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan kabupaten yang telah mendukung dan memberikan apresiasi terhadap pemerintah nagari dan kinerja panitia pemilihan bamus.

"Kita patut berterima kasih kepada panitia, sebab pemilihan badunsanak ini dapat berjalan dengan aman. Hal itu bisa kita lihat, karena seluruh calon dapat menerima hasil dengan sebaik baik nya," ucap Edi Hartono.

Ia juga mengatakan, selama pemilihan bamus berlangsung pemerintah Nagari Kapa berdiri secara netral dan tidak memihak kepada salah seorang kandidat.

"Semua kandidat atau calon yang ikut dalam pemilihan anggota bamus periode 2020-2026, seluruh nya merupakan putra-putri terbaik Nagari Kapa ," katanya.

Sedangkan untuk terhadap kandidat atau calon anggota bamus yang belum terpilih, Edi Hartono berharap, untuk selalu dapat membantu dengan menyumbangkan pikiran dan selalu berpartisipasi untuk kemajuan pembangunan di Nagari Kapa .

Ia juga menjelaskan, bamus adalah mitra pemerintahan nagari yang bergerak dalam sisi perencanaan, anggaran dan pengawasan di tingkat nagari.

"Selamat bergabung mitra pemerintah nagari, kita berharap bisa saling bersinergi demi kemajuan nagari yang kita cintai ini," harapnya.

Edi Hartono juga menilai, Nagari Kapa berbeda dengan nagari lain. Dia melihat adat di Nagari Kapa masih kental, karena para pemangku adat sangat berkontribusi dalam pembangunan.

"Sistem adat di Nagari Kapa tidak bisa dipisahkan, karena menganut sistem adat salingka nagari. Tentu peran adat ini sangat berpengaruh dalam mensukseskan pembangunan di Nagari Kapa ," terangnya.

Dalam pelantikan itu turut hadir, Bupati Pasaman Barat , Kepala OPD, Forkopimca, TNI/Polri, LPMN Nagari Kapa , Jorong se Nagari Kapa , Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, Kader Posyandu dan masyarakat. (Adv)

Penulis: Kerjasama KlikPositif | Editor: Khadijah