KPU Prediksi Jumlah Pemilih Pemula di Pessel Bertambah pada Pilkada 2020

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat memprediksi adanya potensi penambahan jumlah pemilih pemula pada Pilkada di Kabupaten Pesisir Selatan tahun ini.

Ketua KPU Pessel , Epaldi Bahar memproyeksikan, jumlah itu bakal bertambah hingga 10 persen. Karena, selain bertambahnya usia anak 17 tahun, jumlah pensiunan anggota TNI/Polri juga akan terjadi penambahan.

baca juga: Dua Kasus Positif di Pessel Hari Ini, Anak dan Sopir dari Perantau Asal Kambang

"Mereka ini kategorinya akan sama-sama jadi pemilih pemula," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Jumat 3 Juli 2020

Berdasarkan data KPU Pessel , pada Pileg 2019, total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pessel tercatat sebanyak 331 ribu. Dari 15 Kecamatan, jumlah terbanyak terdapat di Kecamatan Lengayang, 42 ribu pemilih.

baca juga: Hari ini Dua Warga Pessel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kemudian disusul Kecamatan Koto XI Tarusan, dengan 38 ribu pemilih dan diikuti Kecamatan Sutera lebih kurang sekitar 37 ribu pemilih. Jika terjadi penambahan 10 persen, lanjutnya, total DPT diperkirakan di kisaran 360 ribu pemilih.

"Yang masuk dalam DPT itu nantinya adalah mereka yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pessel . Kalau orang rantau atau pendatang yang tidak memiliki KTP Pessel , itu tidak masuk kategori pemilih," terangnya.

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

Lanjutnya, untuk memastikan jumlah itu, KPU bakal segera melakukan pemutakhiran data pemilih, dan di antaranya guna memastikan jumlah pemilih yang terdatar dalam DPT.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi