Sama dengan Salat Idul Fitri, Pemko Payakumbuh tak Fasilitasi Salat Idul Adha Tahun Ini

Kabag Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri.
Kabag Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Meski sudah memasuki era normal baru atau new normal di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh tetap tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 Hijriah yang akan jatuh pada 31 Juli nanti.

Seperti diketahui, Pemko Payakumbuh selalu memfasilitasi warganya untuk melaksanakan Salat Idul Fitri dan Idul Adha setiap tahunnya. Namun, tahun ini hal tersebut ditiadakan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

baca juga: Terganggu Pandemi COVID-19, Sejumlah Program Kejari Payakumbuh Harus Disesuaikan

"Sama dengan saat Idul Fitri tahun ini, kami tidak akan fasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini. Kalau kami fasilitasi pelaksanaan shalat id bisa membuat masyarakat terkonsentrasi di satu tempat," kata Kabag Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri, Jumat (2/7).

Meski tidak lagi memfasilitasi warganya untuk melaksanakan Salat Idul Adha, tapi Ul Fakhri memastikan bahwa Salat Idul Adha di masjid atau di lapangan tidak akan dilarang selam tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

baca juga: Kurban Rendang Perdana Dinilai Sukses, Wako Payakumbuh Targetkan Lebih Banyak Sapi Tahun Depan

"Di sini sangat dibutuhkan peran dari pengurus masjid dan masyarakat sekitar untuk memantau jamaah yang shalat di daerah nya. Ini untuk kebaikan kita bersama," sebutnya

Ia mengatakan memasuki era normal baru, Pemerintah Kota Payakumbuh tengah menyiapkan peraturan wali kota dalam pelaksanaan ibadah," kata dia.

baca juga: Ada yang Protes Terkait Diperpanjangnya Masa Belajar Siswa di Rumah, Ini Jawaban Wako Payakumbuh

Secara umum, Pemko Payakumbuh telah memperbolehkan seluruh kegiatan keagamaan di rumah ibadah telah diperbolehkan.

"Di aturan itu masyarakat telah dibolehkan melakukan ibadah di rumah ibadah dengan mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan semaksimal mungkin tetap mengurangi kegiatan di luar rumah," ujarnya. (*)

baca juga: KPN Husada Syariah RSUD Adnaan WD Wakili Payakumbuh untuk Lomba Koperasi Tingkat Sumbar

Editor: Taufik Hidayat