Dinas Pertanian Padang Prediksi Penurunan Angka Hewan Kurban Tahun Ini Capai 30 Persen

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG , KLIKPOSITIF - Dinas Pertanian Kota Padang memprediksi akan terjadi penurunan jumlah hewan kurban pada Idul Adha 2020 ini.

"Kami memperkirakan untuk jumlah hewan kurban di Kota Padang akan menurun sebanyak 30 persen pada tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang , Syahrial Kamat, Sabtu 4 Juli 2020.

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

Ia mengatakan, untuk jumlah hewan kurban pada tahun sebelumnya mencapai 13 ribu ekor. Pada tahun 2020, diperkirakan akan berkurang hingga 3.900 ekor.

"Kami sudah melakukan survei pada penjual sapi dan hingga saat ini untuk penjualan sapi masih kurang dibanding tahun lalu," katanya.

baca juga: HUT ke-351 Kota Padang, Ini Pesan Mantan Wali Kota

Menurutnya, penjualan sapi baru mulai meningkat sebulan sebelum lebaran Idul Adha. Sementara pada tahun sebelumnya penjualan sapi sudah mulai meningkat sejak empat bulan sebelum Idul Adha.

"Penurunan angka ini karena pandemi yang mengakibatkan perekonomian masyarakat merosot dan kemampuan untuk berkurban juga berkurang," lanjutnya.

baca juga: HUT Kota Padang ke-351, Dokter Andani Dapat Penghargaan

Ia mengimbau panitia penyelenggara kurban agar memeriksa hewan yang akan disembelih sebelum pelaksanaan kurban.

"Kami akan menyediakan tim untuk pemeriksaan hewan kurban yang akan disembelih agar tidak memiliki penyakit menular," tutupnya.

baca juga: Pemko Padang Klaim Telah Putus Penyebaran COVID-19 di Klaster Pasar Raya Padang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi