Pemko Padang Targetkan Pertumbuham Ekonomi Tak Minus

Seorang pedagang mempersiapkan tenda di kawasan wisata pantai Padang
Seorang pedagang mempersiapkan tenda di kawasan wisata pantai Padang (Ramadhani)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang menargetkan pertumbuhan ekonomi tidak minus selama tahun 2020. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 beberapa bulan lalu terjadi pemerosotan perekonomian di kota ini.

Asisten dua Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang , Endrizal menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan perekonomian Kota Padang mengalami penurunan hingga mencapai angka minus.

baca juga: Pemko Padang akan Revisi Surat Edaran Tentang Partisipasi Peringatan HUT RII

"Beberapa peneliti dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai angka minus enam persen. Kami di Kota Padang menargetkan agar tidak mencapai angka tersebut," katanya.

Ia mengatakan, agar tidak masuk pada angka tersebut, pihaknya mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong atau lahan mati untuk lokasi pertanian.

baca juga: Bendera Merah Putih Belum Banyak Berkibar, Wali Kota Padang Kecewa

"Kami mendorong masyarakat untuk menanam kebutuhan sehari-hari di sekitar lingkungannya seperti cabai dan bahan kebutuhan lainnya," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya akan kembali menggerakkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk kembali beroperasi sehingga perputaran uang akan kembali berjalan di Kota Padang .

baca juga: Korban Covid-19 Terus Bertambah Picu Turunnya Harga Minyak Dunia

"Untuk mendukung perdagangan ini, kami mengaktifkan kembali lokasi-lokasi wisata yang ada. Sehingga perekonomian mulai bergerak," sambungnya.

Menurutnya, sejak pemberlakuan pola hidup normal berlaku di Kota Padang , perekonomian masyarakat mulai kembali bergerak naik. Beberapa bentuk usaha juga telah mulai berjalan seperti pariwisata, hotel dan restoran.

baca juga: Hotel Indria Bukittinggi Terbakar

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani