Pantai SUTA Kampung Pandan, Objek Wisata 90-an yang Kini Hadir Kembali

Objek wisata Pantai SUTA Kampung Pandan-Pessel
Objek wisata Pantai SUTA Kampung Pandan-Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Berbicara wisata pantai memang Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat juaranya. Selain keindahan pantainya yang menawan, juga banyak tempat rekreasi lainnya bisa ditemukan, seperti di Kampung Pandan, Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batangkapas.

Kampung Pandan merupakan sebuah dusun di Kampung Sapan, Nagari Koto Nan Duo, berada di sekitaran pesisir pantai. Di kampung ini ada sebuah objek wisata yang mungkin belum banyak diketahui orang, namun bisa menjadi pilihan.

baca juga: Hotel Indria Bukittinggi Terbakar

Salah satunya, Pantai SUTA. Sebuah nama yang diambil dari gabungan antara pantai sungai dan air tawar. Kehadirannya pun bukan barang baru, namun sudah sejak era 90-an. Tapi, sempat ditinggal dan kini telah dibuka kembali.

Berkunjung ke Pantai SUTA banyak hal yang bisa dinikmati, seperti berswafoto dan berfoto ria. Selain pantainya yang indah, juga objek lain yang tidak kalah menarik, yakni rakit bambu pantai SUTA, rakitnya unit dengan ini pengujung akan merasa lebih betah.

baca juga: Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 42

"Rakit bambu ini, kami modifikasi untuk menarik pengujung. Karena selain keindahannya saja, tentu harus ada rekreasi lain kami sediakan untuk tidak membuat pengunjung bosan," ungkap Syamil, Sekretaris Pokdarwis Pantai SUTA Mandiri pada KLIKPOSITIF .

Rakit bambunya, seperti sebuah kapal. Dimodifikasinya memakai pondok dan tak ubah seperti rakit bambu yang ada di Danau Situ Cangkung Jawa Barat. Menarik dan unik, kapasitasnya-pun bisa menampung penumpang hingga 20 orang.

baca juga: Truk Pengangkut Batu Bara Tabrak Rumah di Padang

"Dengan Rp5 ribu perorang. Pengujung bisa menjelajah sungai air tawar pantai yang sangat luas dan indah," terangnya.

Bagi yang berakit, pengunjung akan dibawa menjelajah sungai tawar Pantai SUTA dengan luas mencapai 3 hektare, dan bentuknya. seperti danau. Sedangkan, untuk pantainya mencapai 1 kilometer.

baca juga: Fakta Terbaru, Tersangka Kasus Pelecehan Bayi di Pariaman Pernah Alami Kekerasan Seksual

Kawasan ini mulai terpantau ramai sekitar pukul 15.00 WIB. Tidak hanya pasangan kalangan muda-mudi, para orangtua bersama anak dan keluarganya juga ramai mengujungi tempat ini.

"Bagi yang suka bermain pantai, bisa ke pantai. Dan, untuk anak-anak juga bisa mandi-mandi dan sebagainya," jelasnya.

Sementara, untuk keamanan sendiri tentu diawasi langsung oleh Pokdarwis dan pemuda setempat.

Penasaran mengunjungi pantai SUTA, pengujung bisa langsung datang ke Kampung Pandan. Namun, peta lokasi saat ini belum ada papan petunjuk. Tapi, jika sudah di Batangkapas bisa bertanya ke warga setempat. Pantai SUTA ini, hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan nasional, yakni masuknya dari Simpang Jalan Baru Pasar Kuok sebelah kanan dari Kota Padang dan Painan (pusat kabupaten), dan sebaliknya sebelah kiri dari arah selatan, tepatnya sesudah SMPN 1 Batangkapas.

Selain Simpang Jalan Baru Pasar Kuok, pengujung juga bisa memilih masuk melalui Simpang Anakan, ini tepatnya sebelum Pasar Kuok Batangkapas. Namun, yang lebih dekatnya lebih baik memilih masuk denhan melalui Simpang Jalan Baru Pasar Kuok.

Jika melalui Simpang Jalan Baru Pasar Kuok, pengujung harus berkelok kanan pada simpang pertama yakni, Simpang Buah Tarok setelah berjalan sekitar 70 meter. Dan dari Simpang Buah Tarok ini, terus berjalan hingga 800 mater, jika sudah melihat papan Pantai SUTA berkelok ke kiri, dan dari sini sekitar 150 meter perjalanan pengunjung akan sampai di Pantai SUTA.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani