Masa Pandemi COVID-19, Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru Tetap Lanjut

Kepala Bidang Pertanahan Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatra Barat Darmansyah
Kepala Bidang Pertanahan Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatra Barat Darmansyah (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru tidak terkendala pandemi COVID-19. Buktinya pengerjaan jalan bebas hambatan itu tetap berjalan.

Saat ini pemerintah provinsi sedang menyiapkan pembebasan lahan pada STA 4,2 sampai STA 36,6.

baca juga: Ganti Rugi Tanah Tol Padang Pariaman - Pekanbaru Berjalan Lancar

Kepala Bidang Pertanahan Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatra Barat Darmansyah menjelaskan, proses pembebasan lahan di STA 4,2 sampai STA 36,6 sedang berjalan.

"Bagi pemilik lahan yang mau menerima ganti rugi langsung di proses. Namun bagi yang tinggal mau langsung Konsinyasi ke Pengadilan. Kemarin ada satu orang pemilik lahan yang tidak terima ya lanjut, ke proses persidangan. Tapi intinya tol Padang - Pekanbaru tetap berjalan walaupun ada pandemi COVID-19," ujarnya kepada KLIKPOSITIF , Senin, 6 Juli 2020.

baca juga: Irwan Prayitno : Tol Padang - Pekanbaru Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Sumbar

Dharmansyah menyampaikan, STA 4,2 sampai STA 36,6 telah memasuki tahap pengukuran dan selanjutnya menentukan peta bidang, lalu Appraisal atau penetapan harga ganti rugi.

"Pada lahan tidak ada penolakan tetap berjalan pengukuran pada STA 4,2 sampai STA 36,6 ini. Sesuai permintaan masyarakat pergantian trase, pembebasan lahan arah ke Kapalo Hilang atau arah Tarok," terangnya.

baca juga: Tol Padang-Pekanbaru, WALHI Sumbar dan Masyarakat Ingin Audiensi dengan Bupati Limapuluh Kota

Kemudian dia juga mengatakan, pengejaran pada STA 0 sampai STA 4,2 terus berlanjut dan pembebasan lahan bisa dikatakan telah selesai pada titik tersebut.

"STA 0 sampai STA 4,2 tidak ada persoalan, sekarang kami melanjutkan dari pengerjaan yang sedang berjalan," tuturnya.

baca juga: 450 Meter Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang - Sicincin Sudah Berwujud Jalan Tol

Dharmansyah menegaskan, masyarakat atau pemilik lahan tidak boleh lagi menghambat pengerjaan STA 0 sampai STA 4,2.

"Ini hampir clear dan pengerjaan terus berlanjut. Kami berharap agar tidak ada hambatan dan didukung masyarakat selama pembangunan," tukasnya. (*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir