Anak Tak Lulus Seleksi Zonasi, Orang Tua Datangi Disdik Padang

Beberapa orang tua menunggu untuk menanyakan anaknya yang tidak lulus jalur zonasi di Dinas Pendidikan Padang
Beberapa orang tua menunggu untuk menanyakan anaknya yang tidak lulus jalur zonasi di Dinas Pendidikan Padang (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Puluhan orang tua calon siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendatangi Dinas Pendidikan Kota Padang , Senin, 6 Juli 2020. Puluhan orang tua itu mendatangi Dinas Pendidikan Kota Padang untuk memastikan anaknya yang tidak diterima di sekolah saat pendaftaran zonasi yang dimulai sejak 30 Juni lalu.

Salah sati orang tua siswayang mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Padang , Devi Busrawati (43) mengatakan bahwa ia kecewa dengan tidak diterimanya anaknya saat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi. "Anak saya umurnya masih 12 tahun dan namanya tidak ada saat mendaftar melalui jalur zonasi. Sementara anak yang umurnya 15 tahun diterima, padahal nilainya lebih rendah," katanya.

baca juga: Truk Pengangkut Batu Bara Tabrak Rumah di Padang

Ia mengatakan, nilai anaknya cukup tinggi dibanding anak dengan umur lebih tua. "Anak saya nilainya 89, sementara anak yang lulus dengan umur lebih tua dari anak saya nilainya lebih rendah," lanjutnya.

Saat menemui pihak Dinas Pendidikan Kota Padang , ia mengatakan bahwa pihak dinas tidak menggubris dan seolah lepas tangan.

baca juga: 1.410 Sekolah di Zona Kuning dan Hijau Dibuka, Paling Banyak di Sumatera

"Kata orang Dinas tadi sekolahkan anak di sekolah swasta saja. Sementara kami tidak sanggup untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta karena ekonomi," lanjutnya.

Ia berharap pemerintah mendapatkan solusi agar anaknya bisa masuk sekolah negeri. "Seharusnya penilaian yang dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan nilai. Bukan umur," tutupnya.

baca juga: Dishub Padang Minta Masyarakat Laporkan Jika Melihat Ada Petugas Mereka Kerja Malam Hari, Ada Apa?

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani