Tidak Lulus Seleksi Zonasi, Disdik Padang : Kan Masih Banyak Pilihan Lain

Orang tua siswa saat menghampiri Kantor Dinas Pendidikan Padang, Senin 6 Juli 2020
Orang tua siswa saat menghampiri Kantor Dinas Pendidikan Padang, Senin 6 Juli 2020 (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang menyarankan agar orangtua siswa yang tidak lulus pada tahap seleksi zonasi agar memasukkan anaknya ke sekolah swasta.

"Kan masih banyak pilihan lain, ada sekolah yang di bawah Kementrian Agama, swasta dan Paket B," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang , Habibul Fuadi.

baca juga: Pemko Padang Klaim Telah Putus Penyebaran COVID-19 di Klaster Pasar Raya Padang

Ia membenarkan bahwa untuk penerimaan dalam sistem zonasi memang mengutamakan umur yang lebih tua dengan batas maksimal 15 tahun.

"Untuk sistem zonasi ini memang kami prioritaskan umur yang lebih tua. Jadi diranking sesuai dengan umur," katanya.

baca juga: Dalam Masa Pandemi, 10 Ribu Orang Akan Berkumpul Saat HUT Kota Padang

Sementara untuk siswa yang nilainya tinggi, seharusnya mendaftar pada jalur prestasi yang telah dibuka terlebih dahulu dibanding jalur zonasi.

"Jadi untuk yang diranking sesuai dengan nilainya itu dilakukan saat pendaftaran melalui jalur prestasi. Kalau zonasi ini memang yang diprioritaskan umurnya," lanjutnya.

baca juga: Bantu Atasi Krisis Darah, Dinas Perdagangan Adakan Kegiatan Donor Darah

Ia mengatakan agar orangtua siswa menyekolahkan anaknya yang tidak lulus melalui jalur zonasi untuk mendaftar ke sekolah swasta, kementrian atau paket B.

Sementara itu, orang tua salah seorang siswa yang tidak lulus melaluk jalur zonasi, Devi Busrawati (43) mengatakan bahwa aturan tersebut tidak logis.

baca juga: PMI Padang Krisis Darah Selama Pandemi

"Saya yakin, anak-anak yang umurnya sudah tua itu tidak lagi ingin sekolah. Tetapi mereka diprioritaskan. Sementara anak kami yang benar-benar sudah berusaha belajar dan mendapatkan nilai yang baik malah tidak diterima karena alasan umur," lanjutnya.

Ia mengatakan, anaknya tidak didaftarkan melalui jalur prestasi karena berpikiran jalur tersebut untuk anak yang memiliki sebuah prestasi di bidang lain.

"Kalau akan menyekolahkan anak ke sekolah swasta kami tidak mampu. Karena perekonomian yang saat ini semakin sulit akibat pandemi ini," ujarnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi