Ini Update COVID-19 di Bukittinggi, Total 20 Kasus Sejak Maret Silam

Ilustrasi Warga Pakai Masker di Pasar
Ilustrasi Warga Pakai Masker di Pasar (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Bukittinggi menyebut, telah terjadi penularan sebanyak 20 kasus sejak pertama kali diumumkan pada Kamis 25 Maret 2020 silam.

Penularan terbagi dalam 3 gelombang. Gelombang 1 terjadi dalam periode 25 Maret - 8 April dengan total kasus sebanyak 6. Seorang diantaranya, meninggal dan dinyatakan terpapar serta yang lainnya sembuh.

baca juga: Dua Momen Spesial saat UAS Datang ke Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi

Selanjutnya, setelah 1 bulan, Bukittinggi mengkonfirmasi kasus tambahan sebanyak 11 dalam gelombang ke 2 penularan, yakni periode 7 Mei hingga 21 Mei, Bukittinggi menambah 11 kasus, dan dinyatakan sembuh pula.

Gelombang ke 3, terjadi setelah lebih 1 bulan tanpa penularan. Seorang warga Bukittinggi dinyatakan positif pada Minggu 28 Juni 2020, dan kasus ini bertambah 2 lagi hingga sekarang, sehingga ada 3 kasus penularan selepas PSBB.

baca juga: Pemakaman Jenazah Gunakan Protap COVID-19, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

"Total kasus kita ada 20, namun kasus aktif atau masih terpapar hanya 2 orang saja, selebihnya sudah sembuh dan 1 meninggal," kata Kadis Kesehatan Yandra Ferry, Senin 6 Juli 2020.

Pemko Bukittingi meminta warga tetap mewaspadai penularan virus corona dengan cara menjalankan protokol kesehatan.

baca juga: Wali Kota: Bukittinggi Zona Merah COVID-19

Sementara, pantauan KLIKPOSITIF , terlihat aktivitas warga sudah normal seperti biasa dan sejumlah objek wisata maupun tempat umum ramai dikunjungi. Hanya saja, masih ada warga yang mengabaikan penggunaan masker serta enggan untuk menjaga jarak.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi