Tahun Ini Populasi Sapi di Pessel Capai 83 Ribu Ekor

Sekretaris Disnakeswan Pessel, Yosro
Sekretaris Disnakeswan Pessel, Yosro (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, mencatat pada 2020 ini jumlah populasi sapi ternak di Pessel mengalami peningkatan.

Sekretaris Disnakeswan Pessel , Yosro mengatakan, jumlah itu bertambah seribu ekor lebih, yang pada tahun sebelumnya hanya mencapai 82 ribu.

baca juga: Karena Tiga Hal, DPRD Agenda Interpelasi Bupati Pessel

"Secara keseluruhan totalnya 83.687 dari jantan dan betina, tahun kemarin (2019) hanya 82 ribu," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Senin 6 Juli 2020.

Menurutnya, data itu diinput setiap awal tahun. Dari jumlah populasi yang terdata hingga kini adalah sapi jenis plasma butfha, yakni sapi pesisir. "Ada juga seperti Sapi Bali, Madura, Sumbawa dan Aceh, tapi jumlahnya minim," terangnya.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

Lanjutnya, untuk terus menggenjot populasi, pihaknya terus melakukan sosialisasi. Selain sosialisasi, pihaknya juga terus melakukan pengembangan program pembibitan di setiap kecamatan.

"Yang terbanyak Kecataman Lengayang mencapai 14 ribu ekor. Tetapi, tidak hanya Lengayang seluruh kecamatan selalu ada penambahan setiap tahun," tutupnya.

baca juga: Terkait Pembangunan RSUD, Bupati Pessel: Kalau Saya Lanjutkan, Saya akan Menjadi Tersangka

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi