Karena Pandemi, Permintaan Hewan Kurban di Pessel Menurun pada Idul Adha Tahun Ini

Hewan kurban sapi
Hewan kurban sapi (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengungkapkan, pandemi COVID-19 membuat aktivitas jual beli sapi ternak untuk kurban menurun di daerah itu.

Sekretaris Disnakkeswan Pessel , Yosro menyebutkan, hingga kini tidak banyak hewan ternak yang terjual, di antaranya seperti sapi. Padahal, jika dibandingkan tahun lalu, sebulan sebelum Idul Adha sudah banyak laku terjual.

baca juga: Karena Tiga Hal, DPRD Agenda Interpelasi Bupati Pessel

"Hal itu terpantau sesuai keterangan beberapa pedagang ternak, termasuk di pasar ternak juga menurun secara umum," ungkapnya saat diwawancarai KLIKPOSITIF , Senin 6 Juli 2020.

Ia menjelaskan, lemahnya daya jual beli sapi hewan kurban pada tahun ini, tidak terlepas dari adanya pandemi. Sebab, sejak pandemi mewabah, rata-rata masyarakat mengeluhkan kesulitan ekonomi.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

"Kondisi itu terjadi di seluruh daerah. Tidak hanya di Pessel . Permintaan jauh menurun dari tahun sebelum," terangnya.

Kendati demikian, ia tetap berharap jelang Idul Adha ini, hal itu bisa meningkat. Di antaranya untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

baca juga: Terkait Pembangunan RSUD, Bupati Pessel: Kalau Saya Lanjutkan, Saya akan Menjadi Tersangka

"Karena kita tahu masyarakat Idul Adha ini panennya peternak kita. Jika, permintaan menurun, tentu berdampak pada penjualan," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi