Kominfo Sigap Urus Denny Siregar tapi Lamban di Papua, Roy Suryo: Kasihan

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, mengaku merasa kasihan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pasalnya, Kominfo justru sibuk melayani urusan personal berupa pengungkapan kebocoran data pribadi Deny Siregar dibanding mengurus permasalahan internet di Papua.

Roy Suryo juga menganggap bahwa langkah cepat yang diambil oleh Kemkominfo soal dugaan kebocoran data pribadi Denny Siregar ini menimbulkan tertawaan rakyat.

baca juga: RS Hampir Penuh, Luhut Minta Pemda DIY Tingkatkan Kapasitas Tempat Tidur

"Tweeps, terus terang kasihan terhadap @kemkominfo kalau begini. Urusan besar yang menjadi concernnya (masalah Internet Papua) & berdampak bagi masyarakat tampak "menghindar", namun urusan remeh-temeh yang sangat personal begini langsung sigap. Pantas kalau ditertawakan Rakyat. AMBYAR." tulis Roy Suryo yang dikutip Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com dari sosial medianya, Selasa (7/7/2020).

Seperti yang diberitakan bahwa data pribadi penulis dan pegiat media sosial Denny Siregar tersebar luas ke publik. Denny pun berencana menggugat Telkomsel dan Kominfo atas kejadian ini.

baca juga: Kebijakan PSBB Hingga PPKM Tidak Akan Efektif Tanpa Testing dan Tracing yang Masif

Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada Senin (6/7/2020), meminta Telkomsel untuk menyelidiki indikasi kebocoran data pribadi yang dialami oleh pegiat media sosial, Denny Siregar.

"Kementerian Kominfo telah meminta kepada penyelenggara jaringan bergerak seluler terkait, untuk melakukan investigasi internal dan menelusuri apakah telah terjadi pencurian atau kebocoran data pelanggan telekomunikasi seluler. Diharapkan hasil investigasi ini dapat segera disampaikan," kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate, dalam keterangan yang tayang di website resmi Kominfo.

baca juga: Ratusan Berkas Pelamar CPNS di Kota Padang Dinyatakan Tidak Lengkap

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu yang dihubungi Suara.com via telepon, mengatakan bahwa permintaan Menteri Plate itu disampaikan untuk menanggapi keluhan Denny Siregar yang mengklaim data pribadinya dirampas.

Kementerian juga meminta masyarakat untuk merahasiakan dan menyimpan data pribadi dengan baik.

baca juga: Dinilai Krusial, Barang-barang Ini Dietatapkan Bebas Bea Masuk dan Pajak

"Kementerian Kominfo mengimbau kepada masyarakat untuk merahasiakan dan menyimpan dengan baik data pribadi seperti NIK, No.KK dan data pribadi lainnya. Jangan sampai diketahui pihak lain yang tidak berhak dan menyalahgunakan data pribadi ini dengan tujuan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hukum," tutup Plate.

Editor: Eko Fajri