Lima Puluh Kota Kembali Catatkan 2 Kasus Positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota Tien Septino
Kepala Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota Tien Septino (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Kabupaten Lima Puluh Kota kembali catatkan 2 kasus positif COVID-19, Selasa 7 Juli 2020. Informasi ini disampaikan langsung Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal lewat siaran pers hingga pukul 05.00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota Tien Septino saat dihubungi via telepon oleh awak media mengatakan dua kasus positif COVID-19 tersebut dialami oleh warga Kecamatan Luhak. Keduanya bersinial AN dan AY (29 tahun), tapi salah seorang keluarga yang berinisial F (12 tahun) dilakukan pemeriksaan ulang karena hasilnya meragukan atau inklusi.

baca juga: Ratusan Sapi dan Kerbau di Lima Puluh Kota Sudah Diasuransikan

"Dua orang positif dan satu orang lagi yang meskipun juga positif harus dilakukan pemeriksaan ulang karena hasilnya meragukan. Kemudian kedua pasien positif ini akan dibawa ke Padang untuk menjalani karantina," kata Tien Septino.

Menurutnya, informasi awal diketahui setelah AN dinyatakan positif dan dilakukan pelacakan terhadap keluarganya yang sebelumnya sempat jalan-jalan ke Kawasan Mandeh. Kemudian pihak Kabupaten Lima Puluh Kota sendiri mengetahui informasi kasus positif ini dari petugas labor.

baca juga: Kreatif, Warga Lima Puluh Kota Olah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Sementara itu, T yang merupakan salah seorang pihak keluarga membenarkan bahwa anggota keluarganya positif COVID-19. Ia menjelaskan bahwa keluarga yang lain juga telah dilakukan pengambilan swab oleh pihak RSUD Achmad Darwis Suliki.

Secara terpisah,Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota Fery Chofa mengatakan untuk informasi secara resmi akan disiarkan sore nanti. Sehingga untuk informasi lebih lanjut terkait pasien positif COVID-19 akan diinformasikan nanti sore.

baca juga: Jokowi: Pemberian Subsidi Gaji Tenaga Kerja Cair dalam Dua Pekan

Untuk informasi kasus positif COVID-19 di Sumatera Barat sendiri terjadi penambahan 5 kasus positif dari 460 spesimen yang terperiksa yaitu 440 sampel di Laboratorium Unand dan 20 sampel di Laboratorium Baso, Agam. Sebanyak 5 kasus positif ini berasal dari Kabupaten 50 Kota sebanyak 2 orang dan Kota Padang sebanyak 3 orang. Sedangkan untuk sembuh atau status negatif 2 kali tercatat sebanyak 4 orang. Sehingga total sembuh sebanyak 631 orang dan total positif sampai hari ini sebanyak 780 orang.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani