Januari-Mei 2020, DPMPTSP-Naker Agam Terbitkan 1.045 Perizinan

DPMPTSP-Naker Agam
DPMPTSP-Naker Agam (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Agam telah menerbitkan 1.045 perizinan dari 19 bidang selama Januari hingga Mei 2020.

Kepala DPMPTSP-Naker Agam , Retmiwati menyebutkan, jumlah itu dibanding tahun lalu di bulan yang sama menurun drastis akibat pandemi Covid-19, seiring dengan penerapan PSBB di daerah itu.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Bertambah 2 Pasien

"Pelayanan dilakukan secara online, kecuali pengurusan kartu pencari kerja atau AK.1 yang harus datang ke kantor," ujarnya.

Meski harus di kantor, tetapi pelayanan dilakukan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

baca juga: Kata Penasehat Hukum Indra Catri Terkait Penetapan Tersangka

Ia menjelaskan, 19 bidang perizinan di Kabupaten Agam yaitu bidang pendidikan, parpora, umum, PUTR, perikanan, kesbangpol, pertanahan, PMPTSP-Naker, perkebunan, sosial, perindagkop, perhubungan, kesehatan, lingkungan hidup, damkar, pertanian, perekonomian dan SDA, peternakan serta keuangan.

"Tahun ini perizinan yang banyak dikeluarkan yaitu bidang naker dalam hal penerbitan kartu pencari kerja atau AK.1 sebanyak 371 izin," sebut Retmiwati.

baca juga: Polda Sumbar Belum Lakukan Penahanan Terhadap Indra Catri dan Martias Wanto

Menurutnya, jumlah ini apabila dibandingkan dengan tahun lalu jauh menurun yang mencapai ribuan. (ril)

Editor: Rezka Delpiera