Perolehan Akseptor KB di Agam Lampaui Target

Peringatan Harganas di Agam
Peringatan Harganas di Agam (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Tingkat kesadaran masyarakat Kabupaten Agam untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) cukup baik. Hal ini ditandai dengan jumlah capaian akseptor (sasaran) yang melebihi target.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB P2PA) Kabupaten Agam Januar mengatakan, perolehan akseptor di Kabupaten Agam tahun ini berhasil melampaui target yaitu sebanyak 1.574 orang dari target awal 1.212 orang.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak dan semangat kader di lapangan dalam memberikan sosialisasi program KB kepada masyarakat," ujarnya didampingi Kasi Peningkatan Kualitas dan Perlindungan Hak Perempuan, Rositarama.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Bertambah 2 Pasien

Menurutnya, dari tujuh metode pelayanan yang diberikan, pelayanan yang banyak digunakan oleh pasangan usia subur tersebut adalah menggunakan pil KB sebanyak 494 orang.

Kemudian, pengguna suntik sebanyak 367 orang, kondom sebanyak 367 orang, implant 176 orang dan IUD 136 orang.

baca juga: Kata Penasehat Hukum Indra Catri Terkait Penetapan Tersangka

"Yang tidak diminati adalah Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi dan Metode Operasi Wanita (MOW) atau tubektomi," jelasnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2020 ini, pihaknya bertekad untuk membangun semangat baru dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

baca juga: Polda Sumbar Belum Lakukan Penahanan Terhadap Indra Catri dan Martias Wanto

"Meskipun pandemi Covid-19, kawan-kawan (kader) di lapangan tetap semangat menjalankan tugasnya tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan. Alhamdulillah, kesadaran masyarakat kita terhadap KB masih tinggi," tuturnya. (ril)

Editor: Rezka Delpiera