Perangkat Desa di Pariaman Baca Quran Setiap Hari Sebelum Buka Pelayanan

Kades Desa Cubadak Mentawai pimpin tadarus
Kades Desa Cubadak Mentawai pimpin tadarus (rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Perangkat Desa Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman melakukan tadarus atau membaca Al-Quran bersama sebelum memulai pelayanan kepada warga di desa itu. Perihal itu, Kepala Desa Cubadak Mentawai, Azwirman mengatakan, tadarus wajib dilakukan setiap hari kerja oleh seluruh perangkat desa.

"Jadi sebelum membuka pelayanan kepada warga, kami seluruh perangkat desa baik itu perangkat dusun serta Babinsa dan Bhabinkamtipmas membaca Quran atau tadarus. Ini sudah menjadi agenda wajib bagi kami," ungkap Aswirman, Rabu 8 Juli 2020.

baca juga: Ikuti tes COVID-19, Ini Kata Satpam Telkom Indonesia Cabang Sumbar

Lebih lanjut Kepada Desa itu mengatakan, tadarus dilakukan usai apel pagi. "Setelah apel pagi, kami masuk keruangan untuk lakukan tadarus dan setelah itu baru sarapan pagi," sebut Kades itu.

Dikatakannya juga, agenda berjamaah juga dilakukan saat salat Ashar. "Menjelang sore atau masuk waktu salat Ashar kami salat berjamaah. Kemudian setelah itu baru pulang," sebutnya.

baca juga: COVID-19 Kota Padang, Dinkes : Lihat Saja di Website

Kebersamaan sedari pagi hingga waktu pulang jam kerja tersebut dikatakan oleh Kades itu bak pepatah Minang. "Tibo Tampak Muko, Pai Tampak Pungguang, itu falsafah yang kami terapkan," ungkap Aswirman.

Aswirman juga katakan, kegiatan serupa itu sudah satu tahun mereka terapkan dan dampaknya sangat kuat untuk kedesiplinan.

baca juga: Sempat Tersendat, Saat Ini Pesanan Estalase di Pessel Mulai Laris Manis

"Hasilnya kami semua terbiasa dan disiplin secara otomatis serta punya rasa tanggung jawab tinggi. Kami mulai pelayanan jam delapan pagi," sebut Kades.

Secara filosofis Azwirman menuturkan, dengan agenda keagamaan yang digagas olehnya mampu mengisi kerohanian dari seluruh perangkat dan dapat menyerukan cara berpikir.

baca juga: Ada Kasus Positif Covid-19, PT Telkom Sumbar Kurangi Layanan Tatap Muka

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani