Selama Pandemi, Satpol PP Padang Proses 30 Pelanggar Perda

Kasat Pol PP Padang, Alfiadi
Kasat Pol PP Padang, Alfiadi (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang memproses 30 Tindak Pidana Ringan (tipiring) selama Pandemi Covid-19.

"Sebanyak 30 pelanggaran telah kami tipiringkan, mulai dari pelanggaran Ketentraman dan Ketertiban umum, sampai Perda sampah," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang , Alfiadi, Rabu 8 Juli 2020.

baca juga: Pemko Padang Klaim Telah Putus Penyebaran COVID-19 di Klaster Pasar Raya Padang

Ia mengatakan, pelaku pelanggaran yang ditipiringkan tersebut merupakan Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga masyarakat yang melakukan pelanggaran. "Ada PKL, ada juga masyarakat umum yang melakukan pelanggaran terhadap aturan yang ada di Kota Padang ," lanjutnya.

Sementara itu, untuk pelanggaran terhadap pola hidup baru masih diberikan toleransi dan tidak diberlakukan sanksi denda seperti yang tercantum dalam Peraturan Wali Kota (Perwako) nomor 49 tahun 2020.

baca juga: Dalam Masa Pandemi, 10 Ribu Orang Akan Berkumpul Saat HUT Kota Padang

"Untuk masyarakat yang melakukan pelanggaran Perwako nomor 49 tahun 2020 tentang pola hidup baru masih kami berikan sanksi sosial seperti memungut sampah dan membersihkan fasilitas umum," lanjutnya.

Ia mengatakan, pihaknya masih terus melakukan sosialisasi terkait Perwako nomor 49 tahun 2020 tentang pola hidup normal baru kepada masyarakat yang berdomisili di Kota Padang , maupun yang baru masuk.

baca juga: Bantu Atasi Krisis Darah, Dinas Perdagangan Adakan Kegiatan Donor Darah

"Dengan terus melakukan sosialisasi, kami berharap masyarakat bisa menjalankan protokoler Covid-19 sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani