BPBD Kota Padang: Evakuasi Warga Selesai dan Air Mulai Surut

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra
Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra (BPBD Kota Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, pihaknya baru saja selesai melakukan evakuasi 25 warga yang terdampak banjir di kawasan Alai.

"Kami dari pukul 16.00 hingga pukul 20.20 WIB, baru saja selesai melakukan evakuasi, karena ada warga yang terjebak, kemudian yang baru pulang dari aktivitas dan kesulitan menuju rumahnya kita bantu mengevakuasinya dengan perahu karet," katanya di Padang, Rabu (8/7/2020).

baca juga: Ambil Layang-layang Putus di Rumah Warga, Tukang Parkir Tersengat Listrik di Simpang Alai Padang

Sutan menambahkan, kondisi terakhir hingga saat ini, air sudah mulai surut, namun ada beberapa pohon tumbang yang belum dikerjakan. "Tim kami sedang menuju ke sana untuk melakukan pembersihan dan pemotongan," ujarnya.

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, Hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak pukul 14.00 WIB, menyebabkan sejumlah lokasi dan ruas ruas jalan tergenang air. Hingga pukul 18.10 WIB, BPBD Kota Padang menerima laporan terdapat sembilan lokasi dan ruas jalan yang digenangi air dengan ketinggian bervariasi.

baca juga: Nelayan Temukan Sesosok Mayat 1,5 Mil dari Bibir Pantai di Padang

Seperti di depan SD 03 Alai, ketinggian air mencapai 60 centimeter, sehingga akses jalan dari traffic light Simpang Alai menuju Gunung Pangilun sementara di tutup. Tim BPBD sedang melakukan kegiatan evakuasi diperkirakan sebanyak 25 warga yang terdampak Genangan air di kawasan Alai.

Sementara itu, ketinggian air di Kampung Tarandam, Cupak Tangah Kecamatan Pauh mencapai 40 centimeter dan dibelakang Rumah Sakit Ibnu Sina Gunung Pangilun genangan air juga mencapai 45 centimeter.

baca juga: Satu Lagi Bocah yang Terpeleset di Batang Anai Padang Pariaman Ditemukan Meninggal

Kemudian, di Tabung, Banda Gadang air setinggi lutut orang dewasa, dengan rumah terdampak 8 unit dan jalan Cendrawasih ketinggian genangan air 40 centimeter dan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor sementara akses jalan ditutup.

Kawasan Lolong juga tergenang air setinggi 40 centimeter dan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor, kawasan siteba ketinggian genangan air 50 centimeter, begitu juga di jalan Joni Anwar Lapai (Depan SJS Plaza) ketinggian air 50 centimeter.

baca juga: Personel Satlantas Polresta Padang Bekuk Dua Penjambret di Padang Baru

Editor: Muhammad Haikal