Deteksi COVID-19, Pemkab Solok Lakukan Pool Test pada 30 Kluster

Ketua tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, H. Gusmal
Ketua tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, H. Gusmal (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Solok bersama Pemerintah provinsi Sumbar melakukan rangkaian pool test untuk mendeteksi adanya kemungkinan penyebaran virus Corona di daerah tersebut.

Ketua tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Solok , H. Gusmal Dt. Rajo Lelo mengatakan, pelaksanaan pool test dilakukan dari 5-16 Juli 2020.

baca juga: Wali Kota: Bukittinggi Zona Merah COVID-19

"Unit Sampling 1 (satu) orang per KK per rumah dengan jumlah keseluruhan sampel kabupaten Solok sebanyak 1.684 orang yang dibagi menjadi 30 (tiga puluh) kluster (kelompok),1 (satu) kluster terdiri dari 54-56 sampel," terang Gusmal, Kamis (9/7/2020).

Dikatakannya, Jumlah sampel dan kluster ditentukan oleh pihak laboratorium diagnostik dan riset terpadu penyakit infeksi fakultas kedokteran universitas Andalas Padang dibawah pimpinan dr. Andani.

baca juga: Pemerintah Sebut Akan Gunakan Teknologi Anyar untuk Perkuat Ketahanan Pangan

"Dengan Pool Test bisa diketahui individu yang terinfeksi covid-19 di Kabupaten Solok sebagai dasar untuk melakukan Tracing oleh tim gugus percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Solok ," terangnya.

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Solok , Syofiar Syam menjelaskan, jumlah kasus positif Covid-19 kabupaten Solok Sampai Kamis (9/7/2020) terkonfirmasi 9 kasus.

baca juga: Menteri Luhut Sebut Larangan Mudik Lebaran Sukses Tekan Penularan Covid-19

Dikatakannya, memang ada penambahan satu orang lagi warga asal kabupaten Solok yang positif Covid-19, namun, selama ini yang bersangkutan menetap di kota Padang dan penambahan kasusnya masuk kota Padang.

"Total 9 kasus positif Covid-19 di wilayah kabupaten Solok , terakhir, mahasiswi asal Solok dimasukkan dalam penambahan kasus positif kota Padang karena dia selama ini menetap di kota Padang," terangnya.

baca juga: Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 42

Dari 9 kasus positif yang terjadi sejak wabah Corona masuk wilayah kabupaten Solok , 3 orang diantaranya meninggal dunia, dan 6 orang dinyatakan sudah sembuh dan sudah kembali ke kediaman masing-masing.

Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kabupaten Solok saat ini terkonfirmasi sebanyak 4 orang. Tiga orang diantaranya masih dirawat di ruang Isolasi RSUD M. Natsir dan RSU M. Djamil Padang. Kemudian satu orang isolasi mandiri.

"Kita sama-sama berusaha dan berdo'a agar wabah Corona ini segera berakhir dan kita bisa kembali hidup normal, partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penanganan wabah Covid-19 di kabupaten Solok ," terangnya.

Masyarakat diminta untuk proaktif menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari dengan memakai masker, jaga jarak, jaga kebersihan tangan dengan cuci tangan dan lainnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri