Di Tengah Pandemi, Pemkab Pessel Dapat Kucuran APBN Rp30 Miliar Untuk Air Bersih dan Sekolah

Kepala Dinas PU Pessel, Era Sukma Munaf
Kepala Dinas PU Pessel, Era Sukma Munaf (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengungkapkan, ditengah masa pandemi ini, daerah itu dapatkan bantuan untuk sarana air bersih dan pembangunan sekolah dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas PU Pessel , Era Sukma Munaf menyebutkan, total angaran yang diterima dari anggaran pendapatan belanja negara ( APBN ) itu, bernilai Rp30 miliar. Di antaranya diperuntukan untuk kebutuhan air bersih dan pembangunan sarana sekolah .

baca juga: Dua Kasus Positif di Pessel Hari Ini, Anak dan Sopir dari Perantau Asal Kambang

"Kita bersyukur, di mana di tengah banyak anggaran pembangunan dipotong untuk penanganan COVID-19. Tetapi Pesisir Selatan tetap memperoleh anggaran untuk pembangunan dan peningkatan sejumlah infrastruktur dari pemerintah pusat melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat" ungkapnya, didampingi Kabag Humas dan Protokoler Pessel , Rinaldi, Kamis 9 Juli 2020, di Painan.

Dijelaskan, kebutuhan sarana air bersih sendiri akan dibangunkan di Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir. Serta sarana Pamsimas sebanyak 15 unit yang tersebar lokasinya di Pesisir Selatan.

baca juga: Hari ini Dua Warga Pessel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Selain itu, juga diperuntukan untuk peningkatan pembagunan 4 unit madrasah.

"Alhamdulillah, tahun ini kita memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp30 miliar dari pemerintah pusat yang bersumber APBN akan segera direalisasikan," terangnya.

baca juga: Diterima di Universitas Al Azhar, Santri Asal Kapar Pasbar Terkendala Biaya Berangkat

Sebelumnya, Pemkab Pessel juga telah menerima hibah jalan desa dan serahterima pengelolaan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kawasan Wisata Bahari Mandeh dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Syafriyanti memgatakan, pemerintah pusat bakal terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan kesehatan masyarakat di Pesisir Selatan.

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri