Pulang Dari Kalimantan Selatan, Seorang Warga Payakumbuh Positif COVID-19

Ilustrasi.
Ilustrasi. (net)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Setelah lebih dua pekan dinyatakan zero COVID-19, Kota Payakumbuh kembali mencatatkan satu kasus baru MRF (22), warga Payolansek Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat yang baru tiba di Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.

"Yang bersangkutan spontan melakukan swab Senin (6/7) kemarin dan hari ini dipastikan psoitif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh , Bakhrizal didampingi Kepala BPBD, Yufnani Away, dan Kadis Kominfo Jhon Kenedi, Kamis (9/7).

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

Dikatakan Bakhrizal, MRF pulang dari Kalimantan Selatan tempatnya bekerja untuk menjenguk orangtuanya yang sedang sakit. Dan selama di rumah yang bersangkutan telah melakukan protokol kesehatan dengan melakukan isolasi mandiri sebelum hasil tes swab-nya keluar.

"Jadi ini bukan kasus pindahan dari kita. Ini berasal dari luar daerah yang masuk ke kota kita," tambahnya.

baca juga: Ada yang Protes Terkait Diperpanjangnya Masa Belajar Siswa di Rumah, Ini Jawaban Wako Payakumbuh

Menurut Bakhrizal, setelah MRF dipastikan positif mengidap COVID-19, pihaknya langsung melakukan kontak tracking terhadap orang-orang terdekat yang pernah kontak dengan pasien tersebut.

"Ttracking kontaknya tidak banyak karena memang beliau tidak jalan-jalan selama di rumah dan melakukan isolasi mandiri. Kontaknya hanya dengan keluarga inti dan beberapa orang lainnya, total ada 10 orang yang sudah kita ambil sampelnya," jelas Bakhrizal.

baca juga: KPN Husada Syariah RSUD Adnaan WD Wakili Payakumbuh untuk Lomba Koperasi Tingkat Sumbar

Melihat kasus baru yang berasal dari luar daerah tersebut, Bakhrizal kembali mengimbau warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya ketika ada yang pulang datang dari daerah zona merah.

"Diantara daerah tersebut seperti Surabaya, Jateng, Jabar, DKI, Kalimantan. Di Sumbar juga ada ang masih orange, yaitu Padang. Kita harus sangat waspada terhadap orang-orang dari daerah tersebut agar melakukan isolasi mandiri begitu tiba di Payakumbuh ," pungkasnya. (*)

baca juga: 24 Orang di Pessel Kontak dengan Pasien Kluster Bank Nagari Padang, Salah Satunya Guru

Editor: Taufik Hidayat