UMSB Akan Berikan Beasiswa Gratis Kepada Mahasiswa, Berminat?

Rektor UMSB Dr.Riki Saputra
Rektor UMSB Dr.Riki Saputra (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ( UMSB ) memberikan program beasiswa gratis kepada mahasiswa.

Rektor UMSB Dr.Riki Saputra mengatakan, program beasiswa gratis ini merupakan bentuk kepedulian UMSB terhadap dunia pendidikan.

baca juga: Soal Pilkada Bukittinggi-Agam, Dandim Sebut TNI Tetap Netral

"Yang pertama beasiswanya sudah diberikan untuk tahun ajaran ini kepada masyarakat di sekitar kampus. Kita tak bisa berdiri sendiri tanpa memperhatikan masyarakat sekitar," sebut Rektor termuda di Indonesia itu.

Program ini, kata Riki, tak terbatas kuota, dan beasiswanya berupa gratis uang SPP 3 hingga 4 semester sehingga masyarakat dipersilakan mengirim putra-putri terbaiknya dan dibebaskan memilih prodi.

baca juga: Update COVID-19 di Bukittinggi, 811 Sampel Negatif

Riki melanjutkan, program beasiswa kedua adalah di tahun ajaran berikutnya yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa di tiap kabupaten/kota di Sumatera Barat.

"Yang kedua, kita alokasikan beasiswa kepada putra-putri terbaik di kabupaten atau kota, kita serahkan mekanisme selektivitasnya kepada pemda terkait," ungkap Riki.

baca juga: Ber KTP Bengkulu, Satu Keluarga Dinyatakan Positif COVID-19 dan Dirawat di RSAM Bukittinggi

Rektor mengatakan, program beasiswa UMSB ini merupakan bentuk sinergitas dengan segenap pihak dan akan diterapkan paling tidak di tahun 2021.

UMSB merupakan salah salah satu kampus terkemuka dan tertua di Sumatera Barat dengan 11 Fakultas dan Program Pasca Sarjana.

baca juga: Proklamator Akan Milad, Yuk Kunjungi Rumah Kelahiran Bung Hatta

Baru-baru ini, salah satu Fakultasnya, yakni Fakultas Pariwisata mendapat kebanggaan, setelah kampung wisata binaannya di Kabupaten Limapuluh Kota berhasil masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Kampung binaan Fakultas Pariwisata itu bernama Sarugo, yang terletak di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi