Bupati Pasbar: Tahun Depan RS Pratama Sudah Beroperasi

Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat meninjau RS Pratama di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang
Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat meninjau RS Pratama di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman Barat Yulianto menyampaikan, Rumah Sakit Pratama di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang masih harus melengkapi beberapa persyaratan untuk mendapatkan sertifikat layak fungsi.

"Ada beberapa item yang harus dipenuhi persyaratannya yakni peralatan medis dan non medis sepertu ICU, peralatan laundry, peralatan gizi dan peralatan lainnya untuk mendapatkan sertifikat layak fungsi," sebut Bupati Yulianto, Kamis (9/7/2020).

baca juga: BNNK: Pasbar Bukan Lagi Daerah Perlintasan, Tetapi Sudah Sebagai Tempat Peredaran

Ia mengatakan, RS Pratama diupayakan segera berfungsi agar masyarakat yang dari utara tidak harus jauh berobat ke RSUD Jambak.

"Bangunan sudah bagus, sayang sekali kalau tidak difungsikan. Saat ini di Pasaman Barat masih membutuhkan Rumah Sakit yang lain. Saat ini hanya ada 2 yakni RSUD Jambak dan RS Ibnu Sina," kata Yulianto.

baca juga: PT Agrowiratama Serahkan Dua Ekor Sapi untuk Masyarakat dan Karyawan Saat Idul Adha

Ia menerangkan anggaran Pembangunan RS Pratama di tahun 2018 mencapai Rp24,5 miliar. Sedangkan untuk anggaran peralatan alat kesehatan Rp17,5 miliar di tahun 2018 dari DAK. Sementara untuk anggaran landscape Rp1,7 miliar di tahun 2019.

"Saat ini pemda telah mengalokasikan APBD di tahun 2021 untuk operasional pengadaan peralatan medis dan non medis yang dibutuhkan. Sehingga tahun depan sudah bisa kita penuhi harapan masyarakat," terangnya.

baca juga: Ini Hasil Swab 111 Orang Warga Pasbar yang Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, 220 Lagi Masih Ditunggu

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat , Jhon Hardi menjelaskan saat ini izin operasional RS Pratama belum keluar karena salah satu persyaratannya yaitu sertifkat layak fungsi belum ada menurut permenkes 56 Tahun 2014 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit.

"Untuk persyaratan izin rumah sakit di wajibkan memiliki serifikat layak fungsi tersebut," jelasnya.

baca juga: Dua ASN Positif COVID-19 Pernah Hadir Resepsi Pernikahan dan Pelantikan Bamus, 220 Warga Pasbar di Tes Swab

Ia berharap tahun 2021 RS Pratama bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Pasaman Barat terutama yang bagian wilayah Utara yakni Kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Sungai Beremas dan Kecamatan Lembah Melintang.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera