BLT Kemensos Tidak Seluruhnya Cair di Pessel, Pemkab Janjikan Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat memastikan sejumlah warga penerima Batuan Langsung Tunai ( BLT ) Kementerian Sosial (Kemensos) yang belum menerima bantuan bakal ditanggung anggaran kabupaten.

"Bagi warga yang awalnya terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos, tetapi saat pengambilan ternyata namanya tidak ada. Nantinya, akan dibayarkan oleh Pemda, melalui BLT Kabupaten," ungkap Asisten II Setdakab Pessel , Mimi Rianti Zainul pada Wartawan, Kamis 9 Juli 2020 kemarin.

baca juga: Rapat Istimewa HUT RI ke-75 di Pessel Sepi Anggota Dewan

Ia menjelaskan, adanya persoalan warga penerima BLT Kemensos yang belum menerima bantuan sampai sekarang, itu di antaranya diketahui terjadi di Kecamatan Sutera.

Setidaknya di kecamatan itu, saat ini terdapat sebanyak 423 orang warga yang terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos di Kecamatan Sutera. Padahal pencarian BLT Kemensos di daerah itu sudah masuk tahap II.

baca juga: Riset Ungkap Obat Kumur Bisa Bantu Nonaktifkan Virus Penyebab Covid-19

"Itu terjadi tidak hanya di kecamatan Sutera saja. Hal serupa juga terjadi di beberapa kecamatan lainnya, nama mereka terdaftar sebagai penerima. Tetapi, ketika pengambilan nama mareka tidak ada," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan data yang diterima dari masing-masing Kecamatan melalui pemerintah nagari. Pemerintah daerah sudah mengambil kebijakan, dengan membayar melalui BLT Kabupaten.

baca juga: Menteri Luhut Sebut Larangan Mudik Lebaran Sukses Tekan Penularan Covid-19

"Nanti akan dibayarkan melalui BLT Kabupaten, kita sedang mempersiapkan SK Bupati. Selain itu, kita masih menunggu data di masing-masing kecamatan yang belum masuk," ujarnya.

Lanjutnya, jika seluruh data sudah masuk, maka akan segera dilanjutkan dengan SK Bupati. "Berkemungkinan paling lambat satu bulan ini, dan nanti akan dicairkan langsung tiga bulan," tutupnya.

baca juga: Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 42

Sebelumnya, Camat Sutera, Fachruddin membenarkan, masih ada sekitar 423 warga di kecamatan itu yang belum menerima BLT Kemensos. Padahal, awalnya mereka terdaftar.

Menurutnya, soal adanya ratusan warga yang belum menerima BLT Kemensos dikarena ada persoalan teknis. Persoalan teknis itu, salah satu alasannya, nama mereka tidak keluar pada daftar tahap penyaluran.

"Itu persoalannya, kenapa tidak keluar kita tidak tahu. Karena langsung dari Kemensos," terangnya.

Lanjutnya, kendati demikian, saat ini hal itu sudah dilaporkan ke kabupaten, dan untuk menyikapi itu bakal segera ditanggulangi dengan dana kabupaten.

"Bulan Juli ini, insyalaah mudah-mudahan. Hanya tinggal menunggu SK dari Bupati," katanya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani