Ingin Bersepeda di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Inilah Spot Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Daerah Ampangan, salah satu spot favorit dengan keindahan alam yang indah seperti di Ubud, Bali.
Daerah Ampangan, salah satu spot favorit dengan keindahan alam yang indah seperti di Ubud, Bali. (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pandemi COVID-19 memberikan banyak perubahan perilaku bagi semua orang. Termasuk dengan kegiatan olahraga yang saat ini digandrungi oleh semua kalangan, tidak hanya anak-anak, orang dewasa dan lansia pun juga ikut menikmati euforia bersepeda.

Setiap sore, kayuhan pesepeda menghiasi jalanan di Pusat Kota Payakumbuh dan jalanan kecil di perkampungan. Berbagai komunitas dan penikmat olahraga bersepeda tampak lalu lalang penuh semangat memburu keringat dan menikmati suasana alam yang terhampar luas.

baca juga: Terganggu Pandemi COVID-19, Sejumlah Program Kejari Payakumbuh Harus Disesuaikan

Hasil penelusuran dan wawancara KLIKPOSITIF dengan salah seorang pesepeda di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, terdapat beberapa spot menarik yang menjadi pilihan. Rovindo Maisya, pemilik akun @bakureta, sebuah akun terkait bersepeda mengatakan spot menarik cukup banyak di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota.

"Ada banyak spot menarik di Lembah Harau, di mana pesepeda dapat menikmati udara sejuk dan pemandangan indah tebing tinggi yang berdiri kokoh di tengah hamparan sawah hijau. Kemudian Jembatang Layang Kelok Sembilan juga tidak kalah indah, jalur Sumbar-Riau tersebut juga menjadi spot pilihan kalau ingin bersepeda dengan trek cukup panjang," kata Rovindo yang akrab disapa Opin tersebut.

baca juga: Kurban Rendang Perdana Dinilai Sukses, Wako Payakumbuh Targetkan Lebih Banyak Sapi Tahun Depan

Selain spot di objek wisata unggulan Lima Puluh Kota tersebut, Opin yang bekerja sebagai Pendamping Keluarga Harapan (PKH) di Dinas Sosial Payakumbuh ini juga kerap kali bersepeda bersama rekan kerjanya ke Ampangan. Lokasi tersebut terletak di Selatannya Payakumbuh yang terkenal dengan Panorma Ampangan.

"Tapi untuk bersepeda kita lebih memilih ke arah sawah-sawah memiliki pemandangan sangat indah, terutama saat sampai di lokasi pagi hari. Untuk ke sana kita pilih jalur kanan ke arah pabrik tahu dan setelah pendakian tinggi sebelum kantor lurah, belok ke kanan. Di sanalah checkpoint terakhir sebelum kembali ke rumah," ujarnya.

baca juga: Berkat David Munoz, Rossi Merasa Lebih Nyaman di Atas Motor Yamaha

Spot sawah-sawah ini dikatakannya juga menyerupai Ubud, Bali. Deretan dan jejeran sawah dengan sengkedan menambah suasana indah berasa di Bali. Kemudian dari lokasi tersebut, juga disuguhkan pemandangan alami, hamparan perbukitan dan Gunung Bungsu.

"Tapi untuk daerah Ampangan ini, trek pendakian landai cukup memberikan sebuah tantangan bagi pesepeda. Namun setelah sampai di atas kita akan dapati bonus pemandangan yang indah. Selain itu, spot lain dengan nuansa hijau adalah daerah Andaleh, Lima Puluh Kota dengan sawah hijau yang terbentang dikiri kanannya," kata Opin yang juga merupakan Skateboarder Payakumbuh .

baca juga: Ini 8 Tim Perempatfinalis Liga Europa, Berebut Gelar Juara di Jerman

Terakhir dikatakannya, salah satu yang juga menarik adalah Kawasan Batang Agam yang baru disulap oleh pemerintah menjadi sebuah tempat yang sayang kalau dilewatkan. Di sepanjang Batang Agam ini, pesepeda dapat menikmati aliran sungai dengan udara yang cukup sejuk, dan nantinya akan sampai di taman-taman dan area bermain bagi anak-anak serta adanya skatepark.

"Lokasi ini sangat cocok bagi pesepeda yang ingin berolahraga santai tanpa harus menghadapi tantangan trek pendakian dan jauh. Kawasan Batang Agam ini juga cocok bersepeda dengan anak-anak, tapi tetap harus hati-hati agar tidak terjadi hal yang di luar dugaan. Saya menyarankan agar pesepeda yang melakukan perjalanan ke beberapa tempat tersebut agar membawa air minum sendiri karena air sangat dibutuhkan sekali saat bersepeda," ujar lulusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjajaran tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani