Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padang mewaspadai terjadinya bencana yang dikarenakan cuaca ekstrim sejak dua hari belakangan.

"Kalau cuaca sering hujan seperti ini, kami mewaspadai banjir, pohon tumbang dan longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi," kata Kepala BPBD Kota Padang , Barlius, Jumat 10 Juli 2020.

baca juga: Hotel Indria Bukittinggi Terbakar

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan personel dan peralatan untuk melakukan evakuasi jika terjadi bencana di Kota Padang . "Kami sudah mempersiapkan peralatan seperti perahu karet, mesin pemotong kayu dan kendaraan jika terjadi bencana. Dengan begitu, dalam beberapa menit kami akan sampai di tujuan," lanjutnya.

Menurutnya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di Kota Padang untuk membantu informasi serta penanggulangan. "Saat terjadi bencana di sebuah lokasi, kami akan menerima laporan dari KSB dan personel akan langsung menuju ke lokasi tersebut untuk melakukan evakuasi," lanjutnya.

baca juga: Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 42

Ia mengimbau masyarakat Kota Padang agar tetap waspada terhadap bencana yang seketika bisa saja terjadi karena cuaca yang tidak menentu dewasa ini. "Kami mengimbau masyarakat jika terjadi angin kencang untuk menghindari pohon-pohon besar dan jika terjadi hujan deras, agar waspada terhadap banjir maupun longsor," ujarnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani