Menakar Peluang Bakal Calon di Pilgub Sumbar, Pengamat: Sangat Kompetitif

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -Sejumlah bakal calon gubernur dan wakil gubernur sudah bermunculan. Di antaranya ada yang sudah mendapat rekomendasi dari partai politik , ada yang masih mencari pasangan calon, dan untuk bakal calon pasangan independen masih menunggu verifikasi faktual

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur tersebut diantaranya, Mahyeldi - Audi, Nasrul Abit - Indra Catri , Mulyadi - Fauzi Bahar, Fakhrizal - Genius Umar serta Faldo - Febby.

baca juga: Audy Joinaldy Kunjungi Rumah Driver Online Banting Setir Jadi Petani

Pengamat Politik Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan, faktor figur masih menentukan peluang bakal calon tersebut untuk memenangkan kontestasi politik pada 9 Desember 2020 nanti.

"Sebenarnya sangat kompetitif sekali Pilkada gubernur kali ini, kalau kita rujuk hasil survei itu, memang diantara bertiga (Mahyeldi, Nasrul Abit dan Mulyadi ) ini memang saling kejar mengejar, kalaupun ada yang unggul, unggulnya tidak jauh," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat (10/7/2020).

baca juga: Pencalonan Zul Elfian Digugat Mantan Anak Buah ke Bawaslu Kota Solok

Menurut Asrinaldi, peluangnya sama, jika ketiga figur tersebut salah memilih strategi, mereka bisa dikalahkan. Barangkali, mereka saat ini sedang melakukan konsolidasi ke bawah untuk menentukan strategi yang tepat untuk mendapatkan suara.

Asrinaldi juga menyinggung bakal calon gubernur independen Fakhrizal . Ia menilai, Fakhrizal akhir-akhir ini agak jarang terlihat gerakannya di bawah, terutama selama pandemi ini dan itu akan mempengaruhi elektabilitasnya.

baca juga: Sindir Gatot soal Komunis, Mahfud MD Singgung Dulu Jadi Panglima

"Atau barangkali mereka berdua ini menunggu hasil verifikasi. Kalau verifikasi lolos baru mereka berhitung, kalau sekarang percuma saja karena masalah verifikasi, lain calon dari parpol semuanya punya kursi. Agak terlambat starting-nya Fakhrizal - Genius," ujarnya.

Sementara itu, untuk bakal calon Faldo Maldini - Febby, sekarang beliau jadi sosok yang memang akan menjadi calon alternatif.

baca juga: Paslon Wali Kota Solok Ini Kepincut Ikuti Jejak Kepemimpinan Nasrul Abit

"Sekarang ia baru punya tiga kursi, partai yang diharapkan itu hanya Golkar, PDIP dan Nasdem. Kuncinya ada pada Golkar untuk membuka poros baru, dengan mengusung Faldo, itu bisa jadi alternatif," ujarnya lagi.

"Tapi saya melihat peluang Faldo kecil. Namun Faldo ini lebih kepada proses pembelajaran kepada publik, bahwa alternatif pilihan itu perlu, jangan orangnya itu ke itu saja," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal