Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam
Jubir tim Gugus penanganan COVID-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Satu lagi warga Kabupaten Solok , Sumatra Barat dinyatakan positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Dikabarkan, pasien berinisial DY (64) warga Nagari Sulit Air itu baru saja kembali dari rantau.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Solok , Syofiar Syam membenarkan hal tersebut. Pasien terkonfirmasi positif setelah menjalani tes swab yang dilakukan sebelumnya.

baca juga: Jokowi: Pemberian Subsidi Gaji Tenaga Kerja Cair dalam Dua Pekan

"Kemarin kita terima hasil pemeriksaan swabnya, dan yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19, saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD M. Natsir," terangnya, Jum'at (10/7/2020).

Dijelaskannya, DY kembali dari Palembang sendirian sekitar 3 Juli 2020 menggunakan bus dan meneruskan dengan ojek dari Singkarak menuju Kediamannya di Sulit Air. Diketahui, yang bersangkutan pulang untuk berobat.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

"Informasi yang kita terima, beliau memiliki riwayat diabetes, sebelum pulang juga pernah pingsan mendadak di Palembang dan pernah berobat ke Poli Syaraf Rumah Sakit Bunda Palembang," terangnya.

Sepulang dari Palembang, sekitar 6 Juli 2020 yang bersangkutan lantas berobat berobat ke Poli umum Puskesmas Sulit Air yang diantarkan oleh keluarganya 'T' yang juga baru pulang dari Jakarta.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Bertambah 2 Pasien

Dua hari berikutnya, pasien kembali datang untuk berobat, dan dirujuk ke RSUD M. Natsir. Yang bersangkutan sempat dirawat di ruang interne dengan pasien lainnya.

"Beberapa jam kemudian baru diketahui kalau yang bersangkutan baru pulang dari Palembang dan langsung dipindahkan ke ruang isolasi RSUD M. Natsir," terangnya.

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSAM

Pasca keluarnya hasil swab Positif Covid-19, tim Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Solok langsung melakukan tracing dan tracking terhadap kontak erat dengan pasien 010 kabupaten Solok itu.

Dengan begitu, jumlah kasus positif Covid-19 kabupaten Solok sudah 10 orang, dengan rincian 6 orang sudah dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal. Satu orang masih dirawat.

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani