KPU Solok Ajak Perangkat Nagari Ikut Sosialisasikan Pilkada

Komisioner KPU Kabupaten Solok, Jons Manedi
Komisioner KPU Kabupaten Solok, Jons Manedi (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020, KPU Kabupaten Solok mengajak semua pihak, termasuk perangkat nagari, proaktif dalam mensosialisasikan Pilkada yang bakal digelar pada September 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Solok bidang Parmas, Jons Manedi mengatakan, karena wabah COVID-19, KPU Kabupaten Solok terbatas dalam melakukan sosialisasi pada masyarakat.

baca juga: Dibantu Dompet Duafa, Korban Kebakaran di Solok Ini Punya Rumah Baru

"Kami berharap, seluruh Wali Nagari di Kabupaten Solok dapat membantu menyampaikan kepada masyarakat terkait Pilkada di nagari masing-masing," ungkap Jons Manedi, Sabtu (11/7/2020).

Menurutnya, dalam masa wabah COVID-19, KPU Kabupaten Solok dibatasi oleh aturan untuk bisa sosialisasi secara langsung dengan mengumpulkan orang banyak. Dalam masa normal baru, perkumpulan orang dalam jumlah banyak dikhawatirkan menjadi media sebaran virus.

baca juga: Pilkada Solok, KPU Buka Pendaftaran Calon 4-6 September 2020

Tentunya KPU Kabupaten Solok berharap, partisipasi pemilih di Pilkada Kabupaten Solok meningkat dibanding pada pemilih 2019 lalu, dimana partisipasi masyarakat mencapai 74 persen dari 292.738 hak pilih.

Diterangkannya, KPU Kabupaten Solok sudah memulai pelaksanaan verifikasi faktual calon perseorangan atau independen sejak Senin (29/6) lalu, dan ditargetkan selesai dalam 10 hari.

baca juga: Ingat Janji Nasrul Abit Menjelang Pilgub! Perbaikan 17 Kilometer Jalan Garabak Data

Verifikasi faktual syarat calon perseorangan dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Nagari bersama verifikator yang telah ditunjuk.

"Verifikasi dilakukan secara manual dengan mendatangi setiap masyarakat yang menyertakan dukungannya kepada bakal Independen di Pilkada 2020, baik di Pilgub dan juga Pilbup Solok," terangnya.

baca juga: Kunjungi Daerah Terisolir di Kabupaten Solok, Nasrul Abit Janji Sejahtera Warga Garabak Data

Untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Solok jalur Independen, pasangan Hendra Saputra-Mahyuzil ada lebih kurang 23.707 dukungan yang akan diverifikasi secara langsung, sementara untuk Pilgub, lebih kurang 35 ribu dukungan.

Terpisah, Bupati Solok, Gusmal mengatakan, Wali Nagari harus memiliki tekad yang sama dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Solok , serta mengajak masyarakat untuk aktif dan menyampaikan hak suaranya.

"Wali Nagari harus menyampaikan kepada setiap masyarakat yang sudah memiliki hak pilih tentang tahapan pilkada serentak, ajak masyarakat untuk memilih," terangnya.

Tidak hanya perangkat Nagari, Gusmal juga memerintahkan semua aparatur yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Solok untuk ikut aktif menyukseskan Pilkada 2020.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi