Kontak Erat dengan Pasien Positif, 11 Warga Tanah Datar Negatif COVID-19

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 11 orang warga Tanah Datar yang pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19, hasil swabnya dinyatakan negatif oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang.

"Alhamdulillah, 11 sampel swab warga Tanah Datar yang pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19 warga Kabupaten Limapuluh Kota, hasilnya negatif semua," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Minggu 12 Juli 2020.

baca juga: Nasrul Abit Rutin Tes Swab

Roza menyebut 11 orang tersebut berasal dari rekan kerja dan warga yang pernah kontak erat dengan pasien yang bekerja sebagai ASN di Pemkab Tanah Datar .

"Dengan telah keluar hasil laboratorium ini, seluruh yang menjalani karantina mandiri sudah bisa beraktifitas seperti semula," tutur Roza.

baca juga: Hasil Swab Guru Negatif, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Kembali Dibuka

Ia menjelaskan 11 orang tersebut harus tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan kewaspadaan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan menerapkan jaga jarak sosial.

Roza mengharapkan masyarakat tidak panik dan tidak terpancing isu-isu yang tidak benar dan mendoakan mereka tetap sehat, serta tidak memperlakukan diskriminatif baik yang bersangkutan maupun keluarganya.

baca juga: Pemprov Sumbar Akan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

Sementara itu, data kasus COVID-19 di Tanah Datar sampai hari ini pukul 16.00 Wib adalah kasus Positif 14 orang (10 orang sembuh, 3 orang isolasi mandiri danb1 orang meninggal dunia). Kemudian untuk kasus ODP 9 orang, PDP 1 orang dan notifikasi 193 orang. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera