DLH Padang: Enam Makam di Pemakaman Khusus COVID-19 Dibongkar, Ini Alasannya

Ilustrasi
Ilustrasi (Internet)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sebanyak enam makam yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung kembalj dibongkar setelah hasil swab tes dinyatakan negatif oleh laboratorium.

"Ya, ada enam makam yang telah dibongkar kembali sesuai permintaan ahli waris," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang , Mairizon, Senin 13 Juli 2020.

baca juga: Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 42

Ia mengatakan, pembongkaran tersebut dilakukan atas permintaan keluarga setelah dikeluarkannya hasil tes swab dan dinyatakan negatif.

"Pihak keluarga membawa surat pernyataan hasil negatif yang dikeluarkan labor dan meminta makam kembali dibongkar agar jenazah dikuburkan oleh keluarga," lanjutnya.

baca juga: 10 Kementerian dan Lembaga Negara Tandatangani MoU, Percepat Fasilitasi Sertifikasi Halal Pelaku UMK

Ia mengatakan, pembongkaran tersebut dilakukan oleh pihak keluarga dan dibantu oleh petugas dari DLH Padang . Setelah itu, jenazah dibawa oleh keluarga untuk disemayamkan di tempat yang disediakan oleh keluarga.

Menurutnya, selama Pandemi Covid-19 sebanyak 58 jenazah positif Covid-19 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dikuburkan di Tempat Pemakaman Umum yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

baca juga: Warga Payakumbuh yang Positif COVID-19 Berdomisili di Tangerang

"Selama ini kan kalau ada PDP yang meninggal dunia langsung dikuburkan di sana saja sebelum hasil swab keluar. Setelah hasilnya keluar dan dinyatakan negatif, keluarga meminta pemakamannya dipindahkan. Atas dasar itu kami membantu membongkar kembali makam -makam itu," lanjutnya.

Ia mengatakan, jika ada keluarga yang ingin melakukan pemakaman ulang, cukup membawa surat keterangan hasil swab negatif dari laboratorium dan menyerahkannya kepada DLH.

baca juga: Truk Pengangkut Batu Bara Tabrak Rumah di Padang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri