Kubus Apung di Padang Akan Berfungsi Pekan Ini

Tumpukan sampah di Pantai Padang pada akhir tahun 2019
Tumpukan sampah di Pantai Padang pada akhir tahun 2019 (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITUF-- Kubus apung yang berfungsi untuk menjaring sampah di banjir kanal Kota Padang masih dalam pengerjaan dan akan mulai berfungsi pekan ini.

"Kami masih melakukan pembuatan tiang untuk memasang kubus apung yang kami rencanakan pada awal tahun lalu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang , Mairizon, Senin 13 Juli 2020.

baca juga: Pencari Kerja di Pariaman Meningkat

Ia mengatakan, kubus apung tersebut akan difungsikan dalam pekan ini setelah dilakukan pemasangan di Jembatan GOR H Agus Salim Padang . "Nanti setelah kami lakukan pemasangan, sampah yang dijaring akan dijemput oleh petugas setiap harinya dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," katanya.

Dengan begitu, menurutnya sampah di Pantai Padang akan teratasi dan jumlah sampah yang sampai ke pantai akan lebih sedikit dibanding saat ini.

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

"Sayangnya saat ini kami kekurangan anggaran karena recofusing kemarin dan hanya ada satu pengadaan untuk tahun ini," lanjutnya.

Seperti diketahui sebelumnya, sampah di Pantai Padang sangat menumpuk sehingga DLH Padang melakukan pembersihan selama sepekan lebih pada awal tahun lalu.

baca juga: HUT ke-351 Kota Padang, Ini Pesan Mantan Wali Kota

Dengan adanya kbus apung tersebut, ia berharap sampah yang sampai ke pantai bisa bisa diminimalisir. Sebagai salah satu objek wisata yang ada di Kota Padang , Pantai Padang akan bisa lebih ramah sampah .

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani