Bukan Macan Dahan, BKSDA Sumbar Pastikan Hewan yang Terperangkap di Padang Pariaman Anak Harimau Sumatera

Anak Harimau Sumatera yang tertangkap di Lubuk Aluang
Anak Harimau Sumatera yang tertangkap di Lubuk Aluang (rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Pihak BKSDA Sumbar pastikan bahwa hewan buas yang tertangkap perangkap di Korong Surantiah, Nagari Lubuk Aluang, Kabupaten Padang Pariaman , adalah anak Harimau bukan Macan Dahan .

Perihal itu dijelaskan oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar, Eka Damayanti. Dikatakannya itu adalah anak Harimau yang masih kategori remaja.

baca juga: Pencari Kerja di Pariaman Meningkat

"Itu bukan Macan Dahan tapi anak Harimau Sumatera yang masih berusia remaja. Tertangkap perangkap tadi malam. Sementara untuk umur dan jenis kelamin masih belum bisa dipastikan karena kondisi Harimau itu sedang terbius dan sudah masuk ke dalam kerangkeng untuk di evakuasi," ungkap Eka Damayanti usai pihaknya melakukan evakuasi, Senin siang 13 Juli 2020.

Lebih lanjut Eka menuturkan, pihaknya memasang perangkap bersama dengan pihak polisi setempat serta warga pada kawasan itu setelah mendapat laporan dari warga.

baca juga: Hewan Ternak Warga Mati Tiba-tiba di Agam, Diduga Beruang Masuk Kampung

"Pada Sabtu (11/7) kami dapat laporan dari warga kalau 7 ekor kambing telah dimangsa. Lalu sore harinya langsung dipasang jerat. Nah tadi malam, Harimau itu dapat dan telah kota lakukan evakuasi," jelasnya.

Untuk sementara ini pihaknya tidak bisa memastikan kalau hewan buas itu lebih dari satu ekor. Tahap awal ini pihaknya akan membawa Harimau tersebut ke Padang untuk dirawat atau dipulihkan jika terluka.

baca juga: Diduga Hendak Pesta Sabu, Polisi Ringkus Tiga Orang di Padang Pariaman

Begitupun perihal ukuran, usia dan jenis kelamin anak Harimau tersebut, pihak BKSDA tidak bisa memastikan itu semua di lokasi lantaran Harimau harus dievakuasi.

Sementara itu, Kapolsek Lubuk Aluang, AKP Harmon mengatakan kepada warga sekitar agar berhati-hati untuk beraktifitas di luar rumah, sekitar lokasi Harimau itu tertangkap.

baca juga: Jelang HUT RI, Penjualan Bendera Laris Manis di Pariaman

"Agar warga waspada jika beraktifitas di luar rumah. Jangan-jangan masih ada induk Harimau itu berkeliaran di sekitar. Kita kan tidak tau apakah Harimau itu bergerak sendiri atau berkoloni," sebut AKP Harmon.

Mengatasi hal itu, pihak polisi telah mengimbau kepada warga untuk berhati-hati. Tidak hanya itu, pihak terkait juga memasang perangkap lainnya untuk mengantisipasi agar Harimau tidak berkeliaran.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri