Pengurus FKAN Pauh IX Periode 2020-2025 Dikukuhkan, Berbuat untuk Masyarakat

Pengurus FKAN Pauh IX Kuranji 2020-2025
Pengurus FKAN Pauh IX Kuranji 2020-2025 (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengurus Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji periode 2020-2025 dikukuhkan secara resmi di Medan Nan Bapaneh, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji , Minggu malam (12/7). Nagari Pauh IX diharapkan mampu menjadi daerah maju dengan kearifan lokal.

Pengukuhan dilakukan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa. Dalam kesempatan itu Hendri Septa berharap, Pauh IX mampu menggali potensi kearifan lokal meningkatkan perekonomian masyarakat.

baca juga: Perumahan di Padang Ini Dinobatkan Jadi Kampung Lalulintas Oleh Kepolisian

"Saya rasa FKAN Pauh IX Kuranji tidak hanya dikenal di Kota Padang saja sekarang, tapi sudah Sumbar umumnya. Meski begitu saya berharap, tetaplah berfikir lokal, namun bertindak global,"harapnya.

Harapan itu Hendri berkaca pada satu daerah di Korea Selatan, desa heritage yang menjadi tujuan wisata. Dikunjungi 15 juta orang tiap tahunnya, karena kearifan lokal yang mereka lestarikan.

baca juga: Terungkap! Begini Kronologis Lengkap Pembunuhan di Kuranji Padang

"Bisa saja Pauh IX Kuranji belajar dari itu. Karena kita lihat upaya anak nagari dalam mempertahankan budaya dan kearifan lokal dilakukan dengan baik,"ulasnya.

Hendri Septa mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus FKAN Pauh IX Kecamatan Kuranji yang resmi dikukuhkan untuk masa bhakti tahun 2020 hingga 2025.

baca juga: Mayat Pemuda dalam Sumur di Kuranji Ternyata Meninggal Karena Ini, Simak Kronologisnya

"Kita tentu berharap, FKAN Pauh IX menjadi suri tauladan,"pintanya.

Hendri pun menyebut pengukuhan pengurus baru FKAN Pauh IX merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan sinergitas dengan semua pihak termasuk Pemerintah Kota Padang.

baca juga: Polisi: Mayat di Dalam Sumur Diduga Korban Pembunuhan

"Semoga kita bersama-sama saling merangkul untuk kegiatan pembangunan di Kecamatan Kuranji khususnya dan Kota Padang pada umumnya. Baik dalam bentuk pembangunan infrakstruktur, peningkatan sumber daya manusia, pendidikan, sosial budaya dan pengembangan generasi muda serta lainnya. Tak ada yang sulit jika kita berupaya bersama-sama,"terangnya.

Hendri juga mengaku merasa bangga atas kebersamaan dan dukungan yang dilihatkan anak nagari yang ada di Kota Padang seperti salah satunya di Nagari Pauh IX. Melalui peran FKAN Pauh IX yang juga bersinergi dengan Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh X serta unsur Pemerintah Kecamatan dan juga unsur Forkopimca dapat menjawab permaslahan yang ada di tengah masyarakat

"Seperti halnya pandemi virus corona (Covid-19) yang masih menjadi perhatian kita saat ini. Kita harapkan FKAN Pauh IX selalu hadir di semua aspek. Dan kita Pemko Padang menyatakan siap mendukung dan bersinergi untuk setiap program kegiatan FKAN Pauh IX ke depan. Yang penting positif kita siap membantu," tuturnya lagi.

Ketua FKAN Pauh IX Kuranji , Evi Yandri Rajo Budiman menegaskan ke depan kepengurusan FKAN tidak lagi terpaku dengan program-program lama. Namun harus ada terobosan dan memaksimalkan. Program-program tersebut adalah untuk kemajuan pembangunan nagari.

Bahkan, empat bulan belakangan FKAN Pauh IX Kuranji sudah mengambil peran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Tiap hari tim Recue FKAN bekerja melakukan penyemprotan disinfektan.

Dengan itu, agar fungsi lembaga ini makin terasa di kenagarian, maka FKAN remsi mengukuh dua sayap sekaligus. Yakni, Dubalang FKAN dan Rescue FKAN. Kedaunya bertanggungjawab pada FKAN dan berbuat untuk masyarakat.

"Kita tidak akan henti membangun nagari,"pungkasnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang, Irwan Basyir Dt Rajo Alam, berharap dengan pengukuhan menjadi momentum untuk mulai bekerja.

Sehingga, pengurus yang sudah dilantik dapat menjalankan programnya dalam membangun nagari. "Kita tahu FKAN sudah berbuat banyak, saya harap tetap aktif, berbuat ditengah-tengah masyarakat. Jangan setelah dikukuhkan kemudian hilang,"harapnya.

FKAN Pauh IX Kuranji adalah wadah organisasi anak nagari yang dibentuk untuk melestarikan kearifan lokal yang sesuai dengan adat dalam nagari. Kepengurusan FKAN Pauh IX Kuranji periode 2020-2025 diisi oleh, Evi Yandri Rajo Budiman selaku ketua umum. Ketua Harian, Erman Jamal dan Indra Mairizal Sekretaris Umum.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani beserta Anggota DPRD Kota Padang diantaranya Mastilizal Aye dan Zulhardi Z. Latif. Selanjutnya Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam, Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Dt Rajo Magek, Ketua KAN Pauh IX Suardi Dt Rajo Bujang dan Ketua KAN Pauh V M. Nazid.

Selain itu juga hadir Kepala Disnakerin Yunisman, Ketua KNPI Kota Padang Megri Fernando, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago, Ketua PPM Kota Padang Yudha Putra. Kemudian Camat Kuranji beserta unsur Forkopimca dan tokoh masyarakat dan adat serta elemen terkait di kecamatan setempat. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir