Kadis Pendidikan Sumbar: Persoalan PPDB adalah Masalah Jumlah Daya Tampung

Dinas Pendidikan Sumbar audiensi dengan DPRD dan perwakilan walimurid
Dinas Pendidikan Sumbar audiensi dengan DPRD dan perwakilan walimurid (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Alfikri mengatakan, persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) sebenarnya, adalah masalah jumlah daya tampung, yang tidak bisa menampung semua kebutuhan masyarakat untuk bersekolah. Hal itu diungkapkan saat audiensi dengan perwakilan puluhan walimurid dan DPRD Sumbar, Senin, 13 Juli 2020.

"Tahun lalu dan tahun ini juga tak ada perbedaan dari daya tampung. Yang berbeda seleksi yang dilakukan. Dulu diseleksi dengan nilai, masyarakat kita tidak akan bermasalah jika diseleksi dengan nilai. Terima dia nilai anaknya rendah. Sekarang persoalannya berbeda, kebijakan dari pusat diseleksi dengan jarak. Persoalan jarak ini yang jadi persoalan, maka timbullah masalah surat keterangan , masalah manipulasi data, dll. Sekarang tentu kita dudukkan porsinya," katanya di DPRD Sumbar, Senin, 13 Juli 2020.

baca juga: Harapan DPRD Sumbar Terhadap Direksi Baru Bank Nagari

Ia mengatakan beberapa persoalan yang dilaporkan oleh masyarakat bukanlah berada pada ranah dinas pendidikan. "Mohon maaf soal yang tadi dibahas masalah kewenangan, kita dudukkan. Ini mungkin tidak cocok dengan masyarakat, bisa jadi dengan instansi pemerintah, sejauh mana dinas pendidkan untuk memeriksa dan memverfikasi status kependudukan orang, contoh kasus ada Bapak yang tinggal di depan sekolah, namun sekarang tinggal di daerah lain, sedangkan rumah didepan sekolah itu sudah dikontrakkan, ini bagaimana caranya, saya juga tidak tahu. tentunya ini yang tahu adalah lurah, RT/RW," tuturnya.

Menurutnya dinas pendidikan dengan adanya stempel RT/RW berarti itu sah dalam ilmu pemerintahan. "Makanya diluruskan bahwa kita harus tertib mengupdate data kependudukan agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di masa akan datang," jelasnya.

baca juga: DPRD Sumbar Laksanakan Swab untuk Anggota Dewan dan Staf

Sebelumnya, puluhan walimurid dari perwakilan walimurid Sumatera Barat mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat mengadukan persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ). (*)

Editor: Fitria Marlina