Tak Ingin Kawasan Batang Agam Semrawut, Wako Payakumbuh Ingatkan Jajarannya Terkait Hal Ini

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memberikan arahan terhadap jajarannya di Kawasan Batang Agam, Senin (13/7).
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memberikan arahan terhadap jajarannya di Kawasan Batang Agam, Senin (13/7). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Tak ingin Kawasan Batang Agam menjadi semrawut lantaran banyaknya pedagang berjualan di lokasi yang tidak boleh, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi meminta jajarannya untuk segera membenahi hal tersebut.

Kawasan Batang Agam memang jadi primadona baru bagi wisatawan yang datang ke Payakumbuh . Kondisi itu kemudian dimanfaatkan para pedagang untuk mengais rezeki dengan berjualan.

baca juga: Warga Payakumbuh yang Positif COVID-19 Berdomisili di Tangerang

"Kita tidak inginkan nantinya Kawasan Batang Agam tidak terkelola dengan baik. Saat ini bisa kita lihat banyak pedagang yang berjualan di lokasi yang tidak boleh untuk berjualan, maka dari itu kita minta stakeholder terkait agar segera membenahi itu," kata Riza, Senin (13/7).

Dijelaskannya, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh tidak melarangan pedagan untuk berjualan di kawasan tersebut namun mereka harus mematuhi semua peraturan demi keindahan Kawasan Batang Agam.

baca juga: Proyek Pendistrian Dimulai, Puluhan PKL Dipindahkan ke Bawah Kanopi Pasar Payakumbuh

"Untuk saat ini kita harapkan para pedagang agar tetap memperhatikan kebersihan disekitar lokasi mereka berjualan, minimal membersihkan sampah disekitar mereka berjualan," kata orang nomor satu di Kota Payakumbuh .

Menindak lanjuti instruksi wali kota tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Payakumbuh , Muslim selaku koordinator mengatakan pihaknya telah menyediakan lokasi bagi para pedagang agar kawasan Batang Agam terlihat indah dan teratur.

baca juga: Jumlah Pelanggan Dekati 32 Ribu, Wako Minta Pengelolaan PDAM Payakumbuh Lebih Profesional

"Kami telah menyiapkan semuanya, tidak hanya untuk pedang, kita juga telah menyediakan lokasi parkir serta lokasi acara kegiatan yang akan diadakan di Batang Agam," katanya,

Ditambahkannya, segala kegiatan yang akan dilaksanakan di Kawasan Batang Agam harus sesuai dengan prosedur dan tidak ada lagi yang berdagang sembarangan.

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Petakan Potensi Pelanggaran Pada Tahapan Pencalonan

"Ini semuanya agar kawasan ini terta dengan baik dan tetap asri," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Dafrul Pasi menyebut, untuk kebersihan daerah tersebut, pihaknya telah menyediakan tempat sampah di lokasi-lokasi strategis agar kebersihan tetap terjaga.

"Selain itu kita juga menugaskan pasukan yang selalu siap untuk membersihkan Kawasan Batang Agam dan diminta kepada masyarakat untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan," ujar Dafrul.

Terkait pedagang yang berjualan disembarang tempat, Kepala Satpol PP Payakumbuh , Devitra mengaku akan memasang plang pemberitahuan di lokasi-lokasi yang tidak boleh berjualan dengan tujuan untuk ketertiban kawasan tersebut.

"Untuk itu kita minta kepada seluruh pedagang agar berjualan dilokasi yang telah ditentukan, kalau masih membandel tentu konsekuensinya ada," terangnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat