Longsor Timpa Rumah Buruh Harian di Bungus Padang, BPBD: Kerugian Ditaksir Rp35 Juta

Rumah Milik Paskalis Gulo yang Ditimpa Longsor
Rumah Milik Paskalis Gulo yang Ditimpa Longsor (BPBD Kota Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Material longsor timpa sebuah rumah milik buruh harian lepas di RT 03, RW 05, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, peristiwa longsor tersebut terjadi pada Minggu (12/7/2020) sekira pukul 20.15 WIB. Rumah tersebut merupakan milik dari Paskalis Gulo (39). Dalam rumah tersebut berisi sebanyak 7 orang.

baca juga: Hilang Saat Melaut, Seorang Nelayan Asal Linggo Sari Baganti Pessel Ditemukan Meninggal

"Hujan dengan Intensitas cukup tinggi yang disertai angin kencang menyebabkan terjadinya longsor dan menimpa rumah," katanya di Padang, Senin (13/7/2020).

Sutan menambahkan, berdasarkan kesepakatan bersama korban diungsikan ke rumah keluarga terdekat. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, menurut pengakuan korban hanya baju yang di badan saja yang diselamatkan," ujarnya.

baca juga: Dua Orang Dilaporkan Tewas Akibat Serangan Bersenjata di Jerman

Sutan melanjutkan, letak bangunan tersebut berada di kemiringan tanah 45 derajat, dan memang secara aturan tidak boleh didirikan bangunan. Namun, karena mungkin kondisi ekonomi dan segala macamnya mengharuskan korban mendirikan bangunan disini, karena mata pencaharian korban yang terdampak adalah peladang.

"Kerugian pada kerusakan rumah ditaksir Rp35 juta, Tim Reaksi Cepat telah melakukan pembersihan material longsor dan penyerahan bantuan untuk korban longsor tersebut," ujarnya.

baca juga: Setelah Geledah Dinas PU, Tim Kejari Lanjutkan Penggeledahan Ke Kantor BPKD Solsel

"Kedepannya kita coba koordinasi dengan instansi terkait, karena longsoran menimbun berupa barang berharga lainnya," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal