Pengakuan Pengembala Kambing yang Diterkam Harimau di Padang Pariaman, Berharap Ada Ganti Rugi dari Pemerintah

Pengembala Kambing Hadi Sumanto
Pengembala Kambing Hadi Sumanto (Klikpositif/Haikal)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF -- Hadi Sumanto (39) masih merasa tidak percaya, 7 ekor kambing yang digembalakannya mati diterkam Harimau Sumatera. Kambing tersebut, ditemukan Hadi mati dikandang dengan bekas luka cakar di leher, sementara dua diantaranya habis dimakan tidak bersisa pada Sabtu (11/7/2020) yang lalu.

Ia berharap, kambing yang mati tersebut, ada bantuan dari pemerintah sebagai gantinya. Sebab, kambing tersebut merupakan milik orang lain yang ia gembalakan dengan kesepakatan bagi hasil.

baca juga: Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Batubara Masuk Jurang di Padang

"Saya berharap ada bantuan dari Pemerintah, karena semua kambing saya sudah tidak ada lagi. Diantara 7 yang mati, hanya seekor milik saya," ujar Hadi, Senin (13/07/2020). Hadi mengaku, ia sehari-hari bekerja sebagai buruh pasir di Nagari Lubuk Alung.

Harimau Sumatera yang memangsa kambing ini diperkirakan berjumlah dua ekor. Salah satu diantaranya masuk perangkap di Korong Surantiah Koto Buruak, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman pada Senin (13/7/2020) yang dipasang oleh BKSDA Sumbar pada Minggu (12/7/2020).

baca juga: Polisi Sita Sepeda Motor dan Pakaian Pelaku Pelecehan Seksual yang Terekam CCTV di Padang

Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar Ekha Damayanti mengatakan, pemasangan perangkap terhadap harimau sumatera tersebut, karena sudah tidak memungkinkan dilakukan pengusiran.

"Harimau tersebut diperkirakan berusia remaja dan belum diketahui jenis kelaminnya, sementara untuk ukuran nanti akan dilakukan analisa dulu, sementara dievakuasi dulu dan dicek kondisi kesehatannya, untuk selanjutnya dilakukan langkah-langkah selanjutnya," katanya.

baca juga: Polresta Padang Sebut Pelaku Pelecehan Seksual yang Terekam CCTV Seorang Pengemudi Ojol

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Nagari Lubuk Alung Aipda Syahrizal menambahkan, sebelum memutuskan memasang perangkap, Harimau Sumatera tersebut terpantau kamera trap yang dipasang. Diduga harimau itulah yang memakan ternak warga.

Editor: Muhammad Haikal