Pemkab Pessel Belum Pastikan Jumlah Sekolah yang Sudah Memulai Belajar Tatap Muka

Bupati Pessel, Hendrajoni dan jajaran saat meninjau proses PBM tatap muka, pada Senin 13 Juli 2020
Bupati Pessel, Hendrajoni dan jajaran saat meninjau proses PBM tatap muka, pada Senin 13 Juli 2020 (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat belum bisa memastikan jumlah sekolah yang telah memulai proses belajar mengajar (PBM) tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pessel , Suhendri, menyebutkan pada hasil monitoring Rabu 8 Juli 2020 lalu, masih ada sejumlah sekolah yang belum melengkapi infrastruktur untuk alat pelindung diri (APD).

baca juga: Kasus COVID Terus Bertambah, Gugus Tugas Sebut Pessel Masih Tetap di Zona Kuning

"Kita belum dapat laporannya, karena pengawas baru hari ini mulai ke lapangan seluruhnya," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Senin 13 Juli 2020.

Dikatakan, pada kondisi Rabu 8 Juli 2020 itu, setidaknya ada sekitar 10 persen sekolah di tingkat SD yang belum memiliki APD lengkap, namun saat itu sudah diminta untuk segera melengkapi.

baca juga: Kasus COVID Terus Meningkat, Pemkab Pessel Bakal Perketat Lagi Penerapan Protokol COVID

"Cuma bagi sekolah yang belum siap, tidak dipaksakan. Jadi laporannya belum masuk," terangnya.

Ia berharap, untuk PBM tatap muka pada masa pandemi ini, seluruh sekolah bisa melengkapi seluruh kebutuhan APD atau infrastruktur sesuai penanganan protokol COVID.

baca juga: Hasil Swab Guru Negatif, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Kembali Dibuka

Karena menurutnya, selain tututan kondisi, pengadaan APD COVID-19 diperbolehkan melalui Dana BOS. "Dana bos, bisa dan diperbolehkan untuk melengkapi itu. Dan kita harap tidak ada kendala untuk ini," tutupnya.

Diketahui, sebelumnya pemkab Pessel mengumumkan bakal memulai PBM tatap muka, 13 Juli 2020 ini untuk tingkat SD dan SMP. Dari data Disdikbud Pessel , setidaknya jumlah SD dan SMP di daerah itu mencapai 460 sekolah , di antaranya SD 385 dan 75 SMP.

baca juga: Rapat Istimewa HUT RI ke-75 di Pessel Sepi Anggota Dewan

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi